News

Puluhan siswa di Banda Aceh ikut seleksi paskibraka nasional

Ketua panitia yang juga Kabid Layanan Kepemudaan Dispora Banda Aceh, Saiful Ifwan Mustafa mengatakan, pada tahun ini seleksi tersebut diikuti oleh 60 siswa-siswi dari 30 SMA sederajat di Kota Banda Aceh.
Paskibraka Aceh intensif latihan jelang HUT RI
Ilustrasi, anggota Paskibraka asal Aceh tahun 2020. Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banda Aceh menggelar seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional tingkat Kota Banda Aceh.

Seleksi tersebut dibuka secara resmi oleh Plt Kadispora Banda Aceh, Reza Kamilin dan akan berlangsung selama lima hari, mulai 22-26 Maret 2022 di Aula Dispora setempat.

Ketua panitia yang juga Kabid Layanan Kepemudaan Dispora Banda Aceh, Saiful Ifwan Mustafa mengatakan, pada tahun ini seleksi tersebut diikuti oleh 60 siswa-siswi dari 30 SMA sederajat di Kota Banda Aceh.

“Tiap sekolah mengirimkan dua pelajar untuk diseleksi. Para pelajar ini menjalani seleksi mulai pukul 08.00-18.00 WIB,” kata Saiful dalam keterangannya, Sabtu (26/3/2022).

Plt Kadispora Banda Aceh, Reza Kamilin mengharapkan agar para calon Paskibraka Nasional dapat mengikuti seleksi dengan sebaik-baiknya dan memiliki kedisiplinan yang tinggi. Selain itu adanya semangat juang, mental yang kuat, solidaritas dan berintegritas.

“Ikutilah semua arahan dan bimbingan dari para instruktur. Kami berharap akan ada perwakilan dari Kota Banda Aceh yang menjadi Paskibraka sampai ke Istana Negara. Tentunya suatu kebanggaan yang tak terhingga jika harapan tersebut bisa tercapai,” kata Reza Kamilin.

Dalam kesempatan itu, Reza Kamilin mengatakan, pihaknya tidak akan melakukan intervensi terhadap peserta yang lulus. Karena siapa pun boleh lulus, baik anak petani maupun anak pejabat..

“Kami meminta kepada para instruktur agar menyeleksi secara fair dan memilih yang berkualitas. Tidak ada peserta titipan dalam seleksi ini,” tegas Reza Kamilin.

Ia menambahkan materi seleksi meliputi peraturan baris berbaris (PBB), seni, bahasa Inggris, agama, dan pengetahuan umum. Nantinya peserta yang lolos sebanyak dua orang, yaitu satu siswa dan satu siswi. Mereka akan mewakili Kota Banda Aceh untuk ikut seleksi di tingkat provinsi.

“Tiap peserta dari kabupaten/kota akan mengirim masing-masing dua wakilnya untuk diseleksi di tingkat provinsi. Kemudian akan dipilih dua pelajar terbaik untuk dikirim ke tingkat nasional mewakili Aceh. Semoga tahun ini akan ada perwakilan dari Kota Banda Aceh di Paskibraka Nasional tersebut,” pungkas Reza Kamilin.

Shares: