News

Puluhan sekolah di Aceh Utara diliburkan akibat banjir

Sebanyak 33 sekolah di Kabupaten Aceh Utara terpaksa diliburkan pada Senin (3/1/2022). Hal ini karena sekolah di kabupaten tersebut tergenang banjir yang terjadi sejak tiga hari terakhir.
25 ribu warga Aceh Utara mengungsi akibat banjir
Salah satu sekolah yang terendam banjir di Aceh Utara, Senin (3/1/2022). (ist)

POPULARITAS.COM – Sebanyak 33 sekolah di Kabupaten Aceh Utara terpaksa diliburkan pada Senin (3/1/2022). Hal ini karena sekolah di kabupaten tersebut tergenang banjir yang terjadi sejak tiga hari terakhir.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, Jamaluddin, kepada wartawan menyebutkan, dengan diliburkannya 33 sekolah tersebut, sebanyak 9.243 pelajar tak bisa belajar di sekolah pada hari pertama proses belajar mengajar pasca libur semester.

33 sekolah itu, terang Jamaluddin, tersebar di enam kecamatan yaitu, Lhoksukon, Pirak Timu, Baktiya, Langkahan, Cot Girek dan Kecamatan Matangkuli.

“Sayangnya anak- anak belum bisa ke sekolah, sekolah terendam banjir, rumah mereka juga terendam, bahkan kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara juga terendam banjir ini, airnya hampir satu meter,” kata Jamaluddin, Senin (3/1/2022).

Sejauh ini, pihaknya belum dapat memastikan berapa jumlah kerugian akibat banjir yang terjadi di sekolah maupun di kantor dinas, karena anggotanya sedang melakukan pendataan dan menyelamatkan barang-barang.

“Belum bisa kita pastikan ini, sepertinya masih ada barang-barang yang bisa diselamatkan. Ini upaya maksimal kita. Nanti setelah banjir akan kita data ulang kerusakan di sekolah yang terendam banjir. Hal ini juga sudah kita laporkan juga,” pungkasnya.

Shares: