EdukasiNews

Puluhan hektar kebun warga Aceh Jaya dirusak gajah

Sejumlah warga Desa Pangong, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, mengeluhkan kawanan gajah liar yang mulai merusak tanaman mereka.
Sebelum Ollo Mati, Gajah Jinak Tampak Sehat di CRU Sampoiniet
Ilustrasi gajah

CALANG (popularitas.com) : Sejumlah warga Desa Pangong, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, mengeluhkan kawanan gajah liar yang mulai merusak tanaman mereka.

Akibat dari kawanan gajah liar tersebut setidaknya puluhan hektar tanaman warga setempat hancur dan tidak dapat digunakan lagi.

“Kami terkadang mulai putus asa dengan keadaan begini, tanaman kami yang hampir panen sudah di rusak gajah liar,” ujar Abdul Wahid (46), salah seorang warga Panggong, Dusun Geuni kepada Antara, Senin (4/2).

Ia menyampaikan bahwa bermacam tanaman yang dirusak oleh kawanan gajah tersebut, mulai dari pohon kepala sawit, karet, jengkol, kelapa dan pohon durian yang sudah besar.

Ia menuturkan bahwa pos jaga gajah liar memang sudah ada di daerah mereka yang telah dibangun beberapa waktu lalu, namun para penjaga belum ada yang datang ke sana, sehingga mereka sulit untuk menyampaikan keluhan tersebut apalagi di daerah itu tidak ada jaringan komunikasi.

Abdul Wahit menyampaikan bahwa dirinya bersama petani lainnya sangat berharap kepada pihak terkait untuk dapat membantu dalam menghalau kawanan gajah liar tersebut.

“Saya punya pohon jengkol sekitar 200 batang yang hampir siap panen yang tinggal sekitar 20 batang saja. Kami berharap kepada pihak terkait dapat membantu kami para petani di Desa Panggong ini,” harapnya. (aceh.antaranews.com)

Shares: