News

Puluhan desa di Aceh Utara kembali terendam banjir

Ilustrasi, banjir merendam Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (13/11/2021). (IST)

POPULARITAS.COM – Curah hujan yang tinggi dan luapan air sungai  Krueng Keureuto  mengakibatkan puluhan desa di empat kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara, kembali terendam banjir.

Empat kecamatan tersebut yakni Kecamatan Pirak Timu, Matang Kuli, Tanah Luas dan Paya Bakong. Berdasarkan informasi, debit air yang mengenangi pemukiman warga sejak kemarin sekitar pukul 15.30 WIB hingga Rabu (17/11/2021).

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Muzani, mengatakan ketinggian air di permukiman warga bervariasi, mulai 30 centimeter sampai 150 centimeter.

“Data yang kita terima dari anggota di lokasi, jumlah desa yang terendam sebanyak 30 desa, 217 rumah,” sebut Muzani, Rabu (17/11/2021).

Muzani juga menyebutkan, banjir tersebut disebabkan karena daya tampung air penuh di Krueng Pirak dan Keureuto sehingga air di sungai itu meluap ke pemukiman penduduk.

“Upaya yang dapat dilakukan, petugas terus siaga dalam penanganan sementara, dan mempersiapkan evakuasi jika sudah diperlukan,” katanya.

Sejauh ini, kata Muzani, warga masih bertahan di rumah masing-masing. Mereka tidak mau meninggalkan rumah karena masih ingin menyelamatkan harta benda agar tidak dibawa arus banjir.

“Warga belum mau mengungsi, tapi jika sewaktu-waktu mereka membutuhkan bantuan akan sudah kita siapkan untuk evakuasi,” pungkasnya.

Shares: