Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Pulau Banyak International Festival 2019 Resmi Dibuka

SINGKIL (popularitas.com) – Bupati Aceh Singkil Dul Mursid secara resmi membuka Pulau Banyak International Festival 2019 di lapangan pelabuhan pos angkatan Laut (Posal), Pulau Banyak, Senin, 22 Juli 2019 malam.

Festival yang telah dilaksanakan untuk ketiga kalinya ini berlangsung selama 5 hari, terhitung sejak 21-25 Juli 2019.

Banyak ragam jenis rangkaian kegiatan yang ditampilkan di Pulau Banyak Internasional Festival, seperti atraksi budaya, fun surfing, camping pulau,  family trip, pelatihan sumber daya manusia (SDM) wisata, festival kuliner, dan gathering pesona Indonesia.

Dalam sambutannya Bupati Aceh Singkil, Dul Mursid, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan wisata pulau banyak.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Diparpora) Aceh Singkil.

“Kunjungan wisata Aceh Singkil tahun 2019 ini telah mencapai sekitar 6.300 wisatawan nusantara dan 2.557 wisatawan mancanegara, dan diharapkan seiring gencarnya promosi wisata, turis yang akan berkunjung ke Kabupaten Aceh Singkil terus meningkat, terutama pada acara Pulau Banyak International Festival 2019,” ujar Dul Musrid dalam sambutannya.

Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil berharap festival ini mampu menyerap kunjungan wisatawan ke Pulau Banyak hingga mencapai 2.000-3.000 per hari, sehingga perputaran uang selama acara diprediksi mampu mencapai Rp6-9 milliar bahkan lebih. Diharapkan hal ini mampu mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, berharap Pulau Banyak International Festival 2019 mampu menjadi salah satu event tetap Aceh yang tidak hanya menyuguhkan hiburan, keunikan dan pesona budaya daerah, tetapi juga mampu mepresentasikan pesona bahari yang menjadi salah satu daya tariknya.

Serangkaian kegiatan Pulau Banyak International Festival 2019 juga turut dimeriahkan dengan kegiatan Gathering Pesona Indonesia oleh tim Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Aceh.

Selain itu Kadiv Divisi Online, Muhammad Arista, berharap dengan hadirnya GenPI pada Festival Pulau Banyak bisa ikut meningkatkan promosi destinasi wisata Aceh Singkil sebagai salah satu destinasi wisata bahari andalan Provinsi Aceh.

Tentunya peran GenPI yang bergerak di media digital dalam mempromosikan pariwisata Aceh sangat membantu di era digital 4.0 ini.

“Tim gathering GenPI Aceh siap memviralkan seluruh destinasi dan kegiatan di Pulau Banyak. Hal ini ditandai dengan mempopulerkan hastag #pesonapulaubanyak selama acara berlangsung,” jelas koordinator peserta gathering tersebut.

Akhirnya, malam pembukaan acara Pulau Banyak International Festival ditutup dengan kemeriahan tampilan tari kolosal “Basamo Kito Besatu” dan rangkaian show dari ragam musisi dan band lokal serta nasional.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani, M.Bus juga menyampaikan apresiasi kepada teman-teman media dan Genpi Aceh yang terus memviralkan pesona budaya dan alam Aceh, khususnya even Pulau Banyak International Festival 2019 sebagai salah satu even bahari unggulan Aceh, yang dipadukan dengan pesona budaya masyarakat Aceh Singkil.(***)

Shares: