News

PT SBA Terapkan Protokol dan Sosialisasi Pencegahan Covid-19

PT SBA melakukan pengecekan suhu tubuh bagi pekerjanya. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – PT Solusi Bangun Andalas (SBA), telah menerapkan protokol keamanan dilingkungan kerja, dan juga sekaligus melakukan sosialisasi dalam upaya pencegahan meluasnya wabah virus corona atau Covid-19.

Faraby Azwani, Communications & Event Specialist PT Solusi Bangun Indonesia, yang merupakan perusahaan induk PT SBA, kepada media ini, dalam rilisnya, Jumat, 20 Maret 2020, menerangkan, untuk saat ini pihaknya telah merapkan standar pengaturan kerja di perusahaan, guna mencegah penularan Covid 19, dengan melakukan sejumlah aturan.

Aturan yang diterapkan dilingkungan pabrik tersebut, diantaranya, dengan tidak menerima tamu asing dari negara manapun, dan juga melakukan pemeriksaan rutin suhu tubuh para pekerja, kontraktor, dan juga tenaga kerja asing atau TKA.

Selain itu, manajemen perusahaan telah membatasi perjalanan dinas, serta menunda kegiatan rapat yang melibatkan banyak pihak, serta mengotimalkan fasilitas video conference, untuk pengaturan kerja dan kontrol perusahaan.

Menyangkut tenaga kerja asing di PT SBA, terangnya, saat ini, penanganan ekspatriat TKA (tenaga kerja asing), dilakukan oleh pihak ketiga, yakni LNET, dan dapat kami informasikan, sejak awal Februari 2020, pihaknya sudah tidak lagi mendatangkan personil tambahan TKA baru ke provinsi ini.

“Nah, TKA yang telah pulang ke negaranya, sementara waktu, tidak kita izinkan kembali ke Aceh, sampai pemberitahuan lebih lanjut,” ujarnya.

Guna memastikan kesehatan TKA, pihaknya juga terus melakukan kordinasi dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dengan dibantu dokter perusahaan, untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap tenaga kerja asing di pabrik PT SBA.

Selain menerapkan protokol keamanan pencegahan Covid 19 dilingkungan kerja, sebagai bentuk tanggungjawab sosial perusahaan, PT SBA juga menyalurkan dana CSR, berupa sabun cuci tangan, soap dinspenser, masker, kepada masyarakat disekitar pabrik, yakni kecamatan Lhoknga dan Leupung.

Penyerahan CSR tersebut, kata Faraby Azwani, diserahkan langsung oleh GA & Comrel Manager PT SBA, Tafaul Rijal, kepada Puskesmas Lhoknga dan Leupung. Tujuan dari kegiatan tersebut, untuk memberikan edukasi, dan sekaligus sosialisasi tentang upaya pencegahan covid 19, tambahnya.

Kegiatan tersebut, katanya, sebagai tanggungjawab PT SBA, untuk mencegah penyebaran virus, tidak hanya dilingkungan pabrik, namun juga di lingkungan sekitar perusahaan. (SKY)

Shares: