PT PAG Jalin Kesepakatan Kerjasama dengan Unsyiah dan Unimal

BANDA ACEH (popularitas.com) – PT Perta Arun Gas (PAG) menyepakati sejumlah kerjasama dengan dua universitas negeri di Aceh, yakni Unsyiah dan Unimal. Penandatanganan kesepakatan tersebut disaksikan oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah di Banda Aceh, Jumat, 16 Agustus 2019.

Dalam kesepakatan tersebut, ketiga institusi itu melakukan penandatanganan sejumlah kerjasama dalam berbagai bidang, yakni ekonomi, teknik, sosial dan pariwisata.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, yang ikut menyaksikan kesepakatan tersebut mengatakan, kerjasama antara BUMN dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Aceh, harus lebih ditingkatkan kedepannya. Hal ini dimaksudkan agar sinergitas dunia usaha dan lembaga pendidikan terus terjalin.

Kerjasama PT PAG ini, kata Plt Gubernur, hendaknya dapat diikuti perusahaan lainnya untuk dapat bersinergi dengan dunia pendidikan tinggi. “Agar upaya kita bersama dalam mewujudkan sumber daya manusia yang handal dapat dicapai,” kata Nova.

Diketahui bersama, jelas Nova, kampus adalah sumber dari ilmu pengetahuan.  Di tempat tersebut tersedia banyak sumber daya manusia yang dapat dimaksimalkan dalam berbagai bidang pembangunan. “Saya mengharapkan, Unsyiah dan Unimal dapat berkontribusi kepada provinsi ini dengan adanya kerjasama tersebut,” ujar Nova.

Dalam nota kesepahaman tersebut, Unsyiah akan melakukan pengkajian bathymetri serta kajian ekonomi terkait usaha penyediaan cold storage bagi komoditi daerah sekitar. Selanjutnya pengkajian analisa dampak lingkungan, serta sejumlah studi lainnya.

Sementara itu, pihak Unimal akan melakukan kajian potensi wisata di Kota Lhokseumawe, serta studi teknis dan ekonomi di kawasan KEK Arun.

Nova melanjutkan, dengan adanya kerjasama antara ketiga institusi ini, maka hal tersebut adalah suatu capaian dan prestasi yang layak diberikan apresiasi kepada PT PAG, Unsyiah dan Unimal.

Karena itu, dia mengharapkan, hasil studi yang akan dilakukan oleh Unsyiah dan Unimal nantinya akan menjadi dasar bagi penyusunan kegiatan yang dilakukan PT PAG. Sehingga, cold storage yang dibangun perusahaan tersebut dapat memicu pertumbuhan ekonomi, dan serta bumi lainnya yang dapat diekspor melalui pelabuhan yang ada di kawasan tersebut.

Selaku Plt Gubernur Aceh, tegas Nova, dirinya juga meminta kepada PT PAG untuk senantiasa bersinergi dengan pemerintah provinsi dan juga Kota Lhoksumawe, agar upaya-upaya bersama antara dunia usaha dan pemerintah selaku regulator, dapat selaras dalam mewujudkan perekonomian masyarakat.

Sebagaimana diketahui, kerjasama antara PT PAG dan Unsyiah serta Unimal adalah tindak lanjut dari arahan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah pada 5 Juni 2019.

Gagasan tersebut disampaikan Nova saat bertemu dengan pihak PT PAG. Dalam kesempatan itu, Plt Gubernur Aceh, menyarankan agar perusahaan tersebut dapat membuat model kerjasama dengan perguruan tinggi di Aceh. Akhirnya hal tersebut dapat direalisasikan.* (SKY)

Iklan Konata 3

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat