Protes Trump dari Aceh, bakar bendera Amerika Serikat

POPULARITAS.COM –  Aksi protes terhadap pengakuan presiden Amerika Serikat Donald Trump tentang Yerussalem dijadikan sebagai ibukota Israel terjadi di seluruh Indonesia. Termasuk provinsi Aceh, ratusan mahasiswa gabungan ikut memprotes dengan cara membakar bendera Amerika Serikat.

Aksi berlangsung  di depan Masjid Raya, Baiturrahman Banda Aceh, Jumat (8/12/2017). Dalam unjuk rasa itu mahasiswa turut membawa sejumlah umbul-umbul aksi berupa spanduk dan karton bertuliskan “AL Quds Ibukota Umat Islam”, “Donald Ngakda Ada Kerjaan Jual Bebek Aja”, “Selamatkan Al Quds” serta membakar bendera Amerika Serikat, Israel dan foto Donal Trump.

Selain itu  massa juga menampilkan aksi teaterikal  yang memperlihatkan Donal Trump ditolak oleh sejumlah anak-anak saat menginjakkan kakinya di kota Yerussalem sehingga kunjungannya batal. Serta dua warga Palestina menembak wajah Donal Trump

Koordinator aksi, Martunis dalam orasinya menyampaikan sikap protes terhadap kebijakan yang dilakukan Donal Trump terhadap Palestina. Ia meminta agar para pemimpin negara muslim untuk bersatu melawan penjajahan Israel.

“Mari kita bersatu melawawan sikap penjajahan yang dilakukan Donald Trump dan  Israel,” teriaknya.

Selain itu, Martunis menyampaikan pernyataan sikap mereka yang mengecam penjajahan  dilakukan Amerika dan Israel terhadap Palestina. Menolak dengan tegas eksistensi Israel dan mengakui Yerussalem sebagai satu-satunya ibukota bagi Palestina. 

“Menyerukan umat muslim untuk bersatu dan membaca qunut nazilah untuk kemenangan dan pembebasan Palestina. Membantu perjuangan dengan donasi-donasi kepada perjuangan Palestina termasuk para pengungsinya. Serta meminta para pemimpin negara muslim untuk bersatu melawan Donald Trump dan Israel,” ujar Martunis.[acl]

ZUHRI NOVIANDI

Comments
Loading...