News

Promosikan IKM Aceh di Luar Negeri Butuh Peran Aktif Mahasiswa

Makmur Budiman pada acara pertemuan dengan berbagai pelaku IKM di Aceh, Minggu 13 April 2019. Acara tersebut juga dihadiri Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. (SKY)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Peran aktif mahasiswa Aceh khususnya yang sedang belajar di luar negeri, sangat dibutuhkan untuk mempromosikan berbagai produk usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Aceh. Dengan promosi itu, sehingga karya-karya terbaik masyarakat Aceh akan diketahui dunia.

Demikian disampaikan Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Banda Aceh, Makmur Budiman, SE, kepada popularitas.com di Banda Aceh, Sabtu 13 April 2019. Ia meminta mahasiswa Aceh yang menimba ilmu di berbagai negara terlibat aktif dalam promosi produk unggulan Aceh yang diproduksi.

“Keberadaan mahasiswa Aceh yang menempuh pendidikan di luar negeri adalah sebuah modal dalam menyebarluaskan informasi berbagai hasil kerajinan dan handycraft Aceh,” ujar Makmur Budiman.

Sebab, lanjutnya, kualitas produk Aceh, seperti songket, dan produk lainnya, memiliki kualitas yang baik, dan layak dipasarkan ke luar negeri. Upaya promosi tersebut, juga akan membantu para pengrajin dan pelaku IKM untuk mendongkrak volume produksivitas mereka, jika pada akhirnya permintaan tinggi.

Makmur mengakui, Pemerintah Aceh melalui instansi terkait, selama ini gencar melakukan promosi ke berbagai negara, tetapi konsep ini dapat dirubah. Salah satunya melalui peran aktif mahasiswa Aceh yang sedang menimba ilmu di berbagai negara.

“Saya pikir ada ribuan mahasiswa Aceh yang bersekolah diluar negeri, dan ini merupakan duta promosi produk Aceh yang sangat potensial,” tukasnya. (SKY)

Shares: