News

Pria Asal Aceh yang Hina Jokowi Saat Ini Sudah Berada di Malaysia

Hatespeech. (ilustrasi)

POPULARITAS.COM – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Aceh terus melakukan penyelidikan terhadap pria yang menyebut Presiden Jokowi dengan kata-kata anjing dan babi. Dari hasil penyelidikan, diketahui pelaku berada di Malaysia.

“Pelaku berangkat merantau ke Malaysia semenjak dari tahun 2015 sampai saat ini dan tidak pernah pulang ke kampung halaman, dan pekerjaannya di Malaysia tidak menentu (serabutan),” kata Kepala Bidang Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy saat dikonfirmasi, Senin (26/7/2021).

Ia menjelaskan, pasca video tersebut beredar, petugas kepolisian langsung melakukan penyelidikan dan mendatangi rumah keluarga pelaku. Namun, Winardy tak merincikan di daerah mana rumah keluarga pelaku tersebut.

Baca: Pria Aceh Penghina Presiden Jokowi Diburu Polisi

“Kita sudah profiling yang bersangkutan dan kita sudah mendapatkan data keluarga yang bersangkutan serta mendatangi keluarga yang bersangkutan. Dan kita mendapatkan beberapa informasi terlait pelaku hatespeech tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video yang memperlihatkan seorang diduga pemuda Aceh menyebut Presiden Jokowi dengan kata-kata anjing dan babi viral di berbagai jejerang media sosial.

Dalam video berdurasi 2.54 menit itu, pemuda tersebut tampak berbicara tentang Covid-19. Video ini kemudian diedit dalam satu frame dengan gambar Presiden Jokowi. Pengedit juga menyertakan nama “Wufan Maulana” pada foto orang nomor satu di Indonesia itu.

“Aceh tak ada Covid nineteen, kau jangan jadi jahanam, kau masukkan PKI ke Aceh dengan alasan kau Aceh zona merah corona, kau memang muka anjing, kau disuruh mundur tak mau mundur, kau ini disniper di kepala kau, baru kau mundur sekalian dengan kepala kau masuk dalam kubur,”

“Jokowi jangan kurang ajar. Aceh tempat saya lahir, negara saya, tanah saya, jangan kau nak memainkan dengan bangsa kita. Kau permainkan bangsa kau, bangsa Jawa, itu hak kau, jangan kau permainkan umat-umat Islam yang ada di Bumi Aceh, saya sarankan kepada kau Jokowi laknatillah,” demikian bunyi sebagian dalam video tersebut.

Editor: dani

Shares: