News

PPIH Debarkasi Aceh mulai persiapan sambut kedatangan jemaah haji

Besok, kloter pertama jemaah haji Aceh tiba di Tanah Air
Ilustrasi, jemaah calon haji (JCH) Aceh kloter 1 menaiki tangga pesawat untuk diberangkatkan ke Madinah, Arab Saudi, Rabu (15/6/2022) dini hari. FOTO: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Aceh mulai melakukan serangkaian persiapan untuk penyambutan kedatangan jemaah haji asal daerah setempat dari Tanah Suci.

“Jamaah kloter pertama akan mendarat pada 26 Juli, sekitar pukul 19.30 WIB di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM),” kata Koordinator Humas dan Penerangan PPIH Aceh Tajri bin Yakub di Banda Aceh, Senin (18/7/2022).

Kanwil Kemenag Aceh terus berkoordinasi dengan lintas sektor dalam merampungkan persiapan kedatangan jemaah, mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Garuda Indonesia, Angkasa Pura hingga pihak keamanan.

Sedangkan di UPT Asrama Haji, kata Tajri, petugas juga terus melakukan persiapan fasilitas untuk kedatangan mulai dari penginapan jemaah, aula penyambutan hingga ruang pembagian air zam-zam bagi jemaah.

“Pihak Kemenag dan Asrama Haji juga berkoordinasi dengan maskapai Garuda dalam mengatur alur pembagian air zam zam berjumlah 5 liter di debarkasi asrama haji,” katanya.

Sementara untuk pemeriksaan kesehatan, kata dia, PPIH Debarkasi Aceh juga melibatkan Dinas Kesehatan Aceh dan KKP, yang tetap memantau dan memberi pelayanan kesehatan bagi jemaah.

“Tetap ada pelayanan kesehatan di asrama haji saat debarkasi,” kata Tajri.

Proses debarkasi jemaah haji Aceh tetap terbagi dalam enam kloter, dengan total jemaah haji dan petugas sebanyak 2.019 orang. Data tersebut sudah dikurangi dengan tiga jemaah yang meninggal dunia.

“Ada tiga orang jemaah meninggal dunia di Mekkah, yaitu Muslim bin Abdul Wahab Salam (51) dan Abdul Manaf bin Dahlan Abubakar (55) asal Pidie Jaya dan Nurkharijah binti Muhammad Yunus (64) asal Aceh Barat,” katanya.

Shares: