Olahraga

Portugal lolos Piala Dunia 2022 Qatar

Bruno Fernandes mencetak gol pertamanya pada menit ke-32 setelah menerima umpan dari Cristiano Ronaldo, sedangkan yang kedua ia cetak pada menit ke-65 menyelesaikan umpan Diogo Jota.
Pemain Portugal Bruno Fernandes dan pemain Israel Neta Lavi mengejar bola pada pertandingan persahabatan di Jose Alvalade Stadium, Lisbon, Portugal, Rabu (9/6/2021). REUTERS/Pedro Nunes/FOC/djo

POPULARITAS.COM – Dua gol dari Bruno Fernandes membawa Portugal melaju ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah mengalah Makedonia Utara dengan skor 2-0 pada partai final playoff kualifikasi zona Eropa jalur C di Stadion Do Dragao, Porto, Selasa (29/3/2022) malam waktu setempat (Rabu WIB).

Bruno Fernandes mencetak gol pertamanya pada menit ke-32 setelah menerima umpan dari Cristiano Ronaldo, sedangkan yang kedua ia cetak pada menit ke-65 menyelesaikan umpan Diogo Jota.

Kemenangan atas Makedonia Utara ini membuat Portugal mencatatkan keberhasilan lolos ke Piala Dunia secara enam kali beruntun setelah terakhir kali gagal lolos pada edisi Prancis 1998.

Pada pertandingan ini, Portugal mendominasi jalannya laga dengan mengusai 65 persen penguasaan bola dengan 11 tembakan yang 3 di antaranya tepat sasaran, sedangkan Makedonia Utara hanya melepaskan tiga tendangan dan tidak ada satu pun yang tepat sasaran.

Pada babak pertama, Portugal lebih dominan dalam melakukan tekanan dan sempat mengancam pada menit ke-14 ketika tendangan Cristiano Ronaldo masih belum menemui sasaran.

Sempat tertekan, Makedonia Utara berusaha membalas melalui upaya dari bek sayap Ezgjan Alioski setelah tendangan volinya masih menyamping dari gawang Portugal yang dijaga oleh Diogo Costa.

Penyerang Liverpool Diogo Jota sempat mengancam gawang dari Makedonia Utara ketika tandukannya masih melambung di atas mistar gawang Stole Dimitrievski pada menit 20.

Portugal mampu memecah kebuntuan pada menit ke-32 melalui Bruno Fernandes yang melepaskan tendangan keras dan membobol gawang Makedonia Utara setelah menerima umpan dari Cristiano Ronaldo yang mengubah skor menjadi 1-0.

Di sisa waktu babak pertama, Portugal tetap tampil dominan dan sempat beberapa kali mengancam gawang dari Makedonia Utara, namun hingga turun minum skor 1-0 tetap bertahan.

Pada babak kedua, Portugal kembali mendominasi permainan dan membuat peluang pada menit ke-52 melalui tendangan keras Bruno Fernandes dari luar kotak penalti, namun tendangannya masih bisa diselamatkan oleh Dimitrievski.

Cristiano Ronaldo kembali memberikan ancaman ke gawang Makedonia Utara pada menit ke-59, namun sundulannya masih masih melambung di atas mistar.

Gol kedua Portugal akhirnya tercipta pada menit ke-65 melalui Bruno Fernandes yang mampu melepaskan tembakan langsung setelah menerima umpan lambung dari Diogo Jota sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Pada sisa waktu pertandingan, Portugal tidak mengendurkan serangan dan beberapa kali menciptakan peluang namun hingga peluit panjang berbunyi skor 2-0 untuk kemenangan Selecao tetap bertahan. (Antara)

Shares: