Polwan Aceh raih penghargaan dalam misi kemanusiaan di Afrika

POPULARITAS.COM – Personel Polresta Banda Aceh, Brigadir Satu (Briptu) Selly Gabriella meraih penghargaan tertinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam misi kemanusiaan di Bangui, Republik Afrika Tengah.

Briptu Selly Gabriella merupakan pasukan polisi perdamaian Indonesia yang tergabung dalam Satgas Garuda Bhayangkara (Garbha) FPU 3 Minusca sejak September 2021 silam.

Dalam pelaksanaan tugas, Selly Gabriella tergabung dalam pasukan taktis yang kesehariannya melaksanakan patroli, menjaga masyarakat sipil, mengamankan aset PBB serta mengamankan wilayah Republik Afrika Tengah .

Tak hanya itu, pasukan FPU 3 Minusca juga turut memberikan perlindungan kepada warga yang berada di sektor dari ancaman bahaya yang tinggi.

Atas kerja keras Polri pada misi kemanusiaan dalam menjalankan tugas dengan intensitas yang tinggi di negara Afrika Tengah, Indonesia mendapatkan penghargaan internasional PBB yaitu UN medal yang disematkan langsung oleh Deputy Special Representative of Secretary General (SRSG), Lizbeth Cullity.

Penyerahan penghargaan itu juga dihadiri pejabat UN serta tamu dari perwakilan negara yang tergabung dalam misi kemanusiaan, Minusca. Serangkaian pembagian medal tersebut dilaksanakan di Garuda Camp, Bangui, Republik Africa Tengah, Rabu (10/8/2022).

UN Peacekeeping medal merupakan suatu kehormatan tertinggi dari PBB atas pengabdiannya sebagai pasukan perdamaian dunia. Karena itu, PBB mengucapkan terima kasih kepada personel Polri yang sudah bertugas selama 12 bulan dalam misi perdamaian.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto dalam keterangannya, Sabtu (13/8/2022) mengatakan, penghargaan ini merupakan sebuah penghormatan PBB kepada seluruh personel Polri yang telah bertugas dalam misi perdamaian.

“PBB memberikan penghargaan kepada semua personel Polri, salah satunya dari Polresta Banda Aceh, Briptu Selly Gabriella,” kata Joko.

Selama bertugas di Bangui, Afrika Tengah, Selly bersama rekannya mengamankan fasilitas vital milik PBB, mengamankan pelaksanaan tugas Police Advisors, melindungi warga sipil, serta mengamankan proses distribusi bantuan kemanusian.

“Kami sangat bangga, karena memiliki personel terbaik dari Polresta Banda Aceh yang ditugaskan ke luar negeri dalam misi perdamaian PBB,” ujar Joko.

“Ke depan, semoga ada personel lainnya dari Polresta Banda Aceh yang melanjutkan misi seperti Briptu Selly ini,” ujar perwira menengah Polri itu.

Polwan Aceh raih penghargaan tertinggi dalam misi kemanusiaan di Afrika
Brigadir Satu Selly Gabriella, polwan Polresta Banda Aceh di Afrika Tengah. Foto: Ist

Untuk diketahui, Briptu Selly Gabriella merupakan Polwan Satlantas Polresta Banda Aceh. Ia lahir di Banda Aceh pada 1 Juni 1993 dan merupakan anak dari pasangan Zulfikar Nahdy dan Radhiah.

Selly sebelum menjalani tugas sebagai Polwan, pernah menjadi korban pada saat gempa bumi dan tsunami 26 Desember 2004 silam yang terjadi di tanah kelahirannya.

Briptu Selly Gabriella merupakan lulusan Pusat Pendidikan Lido, SPN Polda Metro Jaya angkatan 43 tahun 2014 dan bertugas di Polresta Banda Aceh sejak tahun 2015.

Selama menjadi Polisi Wanita, Briptu Selly memiliki predikat yang baik di mana pernah mengikuti Diving di Manado dalam kegiatan penyelaman massal sebanyak dua kali. Ia juga mendapat Rekor Muri tahun 2018 dan Rekor Dunia pada tahun 2019.

Selain itu, Briptu Selly Gabriella juga pernah menjadi atlet olahraga Kempo di Banda Aceh. Selain berprestasi di bidang olahraga, Selly juga mahir berbahasa Inggris dan Perancis.

Comments
Loading...