Poltekkes Aceh akan terima 1.290 mahasiswa baru

Pendaftaran dibuka mulai besok

POPULARITAS.COM – Poltekkes Kemenkes Aceh menyediakan 1.290 kursi bagi mahasiswa baru pada tahun 2022/2023.

Seleksi mahasiswa baru ini melalui tiga jalur, yaitu Penelusuran Minat & Prestasi (PMDP), Sipenmaru Bersama-Computer Based Test (Simama-CBT) dan Mandiri.

Direktur Poltekkes Kemenkes Aceh, T. Iskandar Faisal mengatakan, kampus yang ia pimpin memiliki sejumlah keunggulan, baik di segi manajemen kesehatan bencana, keriwausahaan dan juga kesehatan komunitas.

“Kami punya dosen di atas 300 orang, jadi kami pikir sudah cukup mumpuni untuk menjalankan pendidikan,” kata Iskandar, Senin (28/2/2022).

Oleh karena itu, Iskandar mengajak masyarakat maupun siswa kelas III menengah atas untuk memilih Poltekkes Aceh sebagai tujuan melanjutan pendidikan di tingkat perguruan tinggi.

“Kami sangat mengimbau kepada masyarakat untuk memilih Poltekkes Aceh untuk tempat menempuh studi, kemudian dengan biaya yang murah, 2,4 juta sampai 3 juta. Saya pikir untuk saat adalah pendidikan termurah di Provinsi Aceh,” ujarnya.

Wakil Direktur III Poltekkes Kemenkes Aceh, Nasri menyebutkan saat ini kampus tersebut memiliki 19 program studi dan semuanya telah terakreditasi, baik akreditasi B, baik sekali maupun unggul.

Pada penerimaaan mahasiswa tahun ini, kata Nasri, 1.290 mahasiswa itu dibagi dalam tiga jalur penerimaan sesuai kouta masing-masing.

Rinciannya adalah jalur PMDP sebanyak 354 mahasiswa, SIMAMA-CBT sebanyak 826 mahasiswa, dan Mandiri sebanyak 110 mahasiswa.

“Jalur PMDP akan dimulai 1 Maret sampai 31 Maret 2022 dan jalur SIMAMA-CBT akan dibuka mulai 16 Maret sampai 21 April 2022,” kata Nasri yang juga ketua panitia penerimaan mahasiswa baru.

Nasri menambahkan, untuk jalur PMDP, proses seleksi berdasarkan nilai akademik dan non akademik atau prestasi lainnya. Pendaftaran jalur ini dapat diakses melalui https://bit.ly/PMDP-2022-POLKESA.

Sementara jalur SIMAMA-CBT, tambah Nasri, proses seleksi berdasarkan hasil ujian CBT bersama yang dilakukan secara nasional dan terintegrasi. Pendaftaran jalur ini dapat diakses di http://simama-poltekkes.kemkes.go.id.

“Segala informasi terkait pendaftaraan mahasiswa baru juga bisa diakses di website dan media sosial Instagram Poltekkes Aceh,” kata Nasri.

Dalam mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru, Poltekkes Kemenkes Aceh juga mengundang seluruh kepala SMA, SMK dan MA se-Aceh pada Senin (28/2/2022).

Para perwakilan sekolah itu berinteraksi melalui video conference dengan pejabat Poltekkes Aceh terkait tata cara dan mekanisme penerimaan mahasiswa tahun 2022.

Comments
Loading...