News

Polres Aceh Besar Kerahkan 436 Personel Amankan Pemilu

Kapolres Aceh Besar AKBP Ayi Satria Yuddha | Foto: Fahzian Aldevan

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kapolres Aceh Besar AKBP Ayi Satria Yuddha mengerahkan 436 personel organik dibantu 29 BKO dari SPN Seulawah untuk pengamanan Pemilu 2019. Ratusan personil polisi tersebut ditugaskan mengawal 532 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 13 kecamatan, di Aceh Besar.

“Personil ini ditugaskan selama 6 hari, terhitung sejak 15 April kemarin. Saat ini, mereka sudah berada di desa-desa yang tersebar seluruh Aceh Besar,” kata Ayi saat memantau penyaluran logistik Pemilu ke Pulau Aceh, Selasa, 16 April 2019.

Polisi mengerahkan pengamanan untuk mengawal logistik pemilu, mulai dari Jantho sampai ke Pelabuhan Ulee Lheue. Pengamanan juga dilakukan hingga berlanjut ke Pulo Nasi dan Pulo Breuh.

Selain itu, polisi turut mengerahkan 20 personil untuk pengamanan Pemilu di Pulo Aceh. Nantinya, masing-masing TPS dijaga satu personil polisi dan ada dua TPS yang dijaga seorang personil.

Dia menyebutkan tugas pengamanan TPS di Pulo Aceh turut dibantu oleh 11 personel TNI.

Jaga kondisi

Ayi turut mengingatkan masyarakat untuk menjaga suasana tetap kondusif selama pemungutan suara. Dia juga mengimbau para pihak untuk tidak memprovokasi atau mengklaim kemenangan sebelum hasil rekapitulasi KIP keluar.

“Masyarakat juga perlu aktif mengawasi siapa saja yang membagi-bagikan uang, baik kepada masyarakat maupun petugas penyelenggara pemilu. Ini harus diwaspadai,” kata dia.

Menurutnya polisi turut mengadakan patroli dialogis dan patroli skala besar guna mencegah potensi kejahatan, seperti intimidasi dan lainnya. Mereka juga telah menggelar sosialisasi ke masyarakat untuk datang mencoblos ke TPS.

“Kita imbau untuk tidak golput, kami menjamin keamanan masyarakat untuk memilih,” ucapnya.*(FZA)

Shares: