Polisi Tembak Pencuri Lembu di Pidie

POPULARITAS.COM Personel Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Satuan Narkoba Polres Pidie, meringkus tiga dari lima orang sindikat spesialis pencuri lembu di wilayah Muara Tiga.

Sindikat pencuri hewan ternak yang sedari awal sudah menjadi target dari Satreskrim Polres Pidie, akibat dugaan tindak pidana pencurian itu, ditangkap saat sedang asyik mengangkut tiga ekor sapi hasil curian dengan menggunakan mobil Xenia BL  1551 PC, tepatnya di jalan Gampong Suka Jaya, Kecamatan Muara Tiga, Pidie, pada Selasa (16/2/2021) sekira pukul 05.30 WIB.

Dari tiga tersangka diringkus itu, satu diantaranya yang berinisia FI (21) Gampong Grong-Grong, masih berstatus mahasiswa, sedangkan dua lainnya berupa YH (23) warga Rawa Gampong, dan AM (40) Yaman Barat, Pidie.

Sementara wilayah menjadi target para sindikat dalam melakukan tindak pencurian lembu itu meliputi Pidie dan Pidie Jaya dan Aceh Besar.

Kapolres Pidie, AKBP Zulhir Destrian melalui Kasat Reskrim, AKP Ferdian Chandra menyebutkan, sebelum berhasil diamankan, para sindikat spesialis pencuri lembu dengan menggunakan mobil di tiga wilayah itu, memang sudah menjadi target operasi satuan reserse kriminal setempat.

Penangkapan itu berawal dari adanya informasi dari masyarakat yang melihat sebuah mobil mencurigakan di pinggir pantai Leupeung, muara tiga, yang dicurigai membawa narkoba.

Beranjak dari informasi itu, Kasat Narkoba Iptu Erwo Guntoro langsung membentuk formasi gabungan dengan Satreskrim.

Bahkan dalam upaya penangkapan itu berlangsung dramatis, mulai dari kejar mengejar hingga letusan senjata ke udara hingga berujung mobil sindikat pencuri lembu terperosok ke parit.

“Saat sampai di TKP, petugas Polisi melihat sebuah mobil mencurigakan, sehingga langsung mencoba untuk memberhentikan mobil tersebut, namun mobil itu tidak mau berhenti malah mencoba menabrak polisi,” kata AKP Ferdian Chandra.

Melihat mobil BL 1551 PC yang mencurigakan itu tidak mau berhenti, malah memperdalam tancap gas kendaraan roda empatnya, tim gabungan kembali mencoba mengejar seraya mengeluarkan letusan senjata ke udara.

“Mobil itu baru berhenti karena terperosok ke Parit. Bahkan setelah berhenti ke lima pelaku masih mencoba melarikan diri,” jelasnya.

Dari semua tersangka, tiga diantaranya berhasil diamankan, dengan satu orang berinisial F terpaksa harus dihadiahi timah panas di kaki sebelah kanan, saat mencoba melarikan diri meski sudah diminta berhenti.

“Saat dilakukan penggeledahan di dalam mobil, Polisi menemukan tiga tiga ekor sapi dalam keadaan terikat. Tersangka mengakui lembu itu hasil curian di sekitar jalan di Krueng Raya Aceh Besar menuju Jalan Laweung Kec. Muara Tiga Kab. Pidie,” ungkapnya.

Kini, tiga tersangka berikut barang bukti sudah digelandang ke Mapolres Pidie untuk penyidikan lebih lanjut.

Sedangkan dua tersangka lainnya yang berhasil melarikan diri untuk sementara waktu, sudah dimasukkan dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Pidie.

Editor: dani

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.