News

Polisi tembak mati pelaku begal

Kepolisian Resor Kota Besar Medan, Sumatera Utara, menembak mati pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) spesialis begal dan jambret karena melawan petugas saat dilakukan penangkapan.
Polisi tangkap dua terduga penembakan di Aceh Utara
Ilustrasi penembakan. (Antara)

POPULARITAS.COM – Kepolisian Resor Kota Besar Medan, Sumatera Utara, menembak mati pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) spesialis begal dan jambret karena melawan petugas saat dilakukan penangkapan.

“Pelaku berinisial MDA (25) merupakan DPO kasus begal. Pelaku terpaksa ditembak mati karena mengancam polisi dengan menodongkan senjata tajam saat akan ditangkap,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol M Firdaus, dikutip dari Antara, Sabtu (26/2/2022).

Firdaus menyebut pihaknya juga menangkap dua rekan pelaku masing-masing berinisial MH dan HS yang merupakan residivis kasus curas yang kerap beraksi di Kota Medan.

Ia menjelaskan, penangkapan ketiga pelaku berdasarkan laporan korban bernama Remudus (54) yang dirampok di Jalan Gatot Subroto, pada Jumat, 9 Oktober 2020 sekira pukul 06.30 WIB.

Saat itu, korban yang sedang mengendarai sepeda motor melintas di Jalan Gatot Subroto. Tiba-tiba ketiga pelaku menyerempet korban dan langsung menarik tas sandang yang dipakai korban.

“Pelaku juga menunjang korban hingga terjatuh dan langsung membawa lari tas korban,” ujarnya.

Berdasarkan laporan tersebut, petugas melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap ketiga pelaku di kawasan Marindal pada Jumat (25/2/2022).

“Namun, pelaku MDA terpaksa ditembak karena membahayakan keselamatan petugas,” ujarnya.

“Para pelaku dipersangkakan Pasal 365 KUHPidana tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara,” ujar Firdaus.

Shares: