HeadlineHukum

Polisi Tangkap Komplotan Pencuri Uang Nasabah Bank Lintas Provinsi di Pidie

Polisi Tangkap Pencuri Uang Nasabah Bank Lintas Provinsi di Pidie

POPULARITAS.COM – Tiga Warga Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) dicokok Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pidie, akibat dugaan tindak pidana pencurian nasabah bank.

Terduga pelaku pencurian nasabah bank lintas antar provinsi itu, masing Asep Mulyadi (48), Muhammad Rusydi (41) warga Kecamatan Seberang Ulu, Kota Palembang, dan Idris (47), Kecamatan Kayu Agung Kabupaten Oki, Sumetera Selatan

Pelaku pencurian nasabah Bank lintas Provinsi Itu dibekuk Polisi pada, di wilayah Kota Medan, Selasa (26/1/2021).

Kapolres Pidie, AKBP Zulhir Destrian menyebutkan, nasabah bank yang menjadi korban pencurian lintas provinsi itu berupa Kamaruddin (35) warga Gampong Cot Paloh, Padang Tiji, setempat.

“Sebelum melakukan aksinya, pelaku terlebih dahulu memantau korban yang keluar dari bank,” kata Kapolres Pidie, AKBP Zulhir Destrian, Kamis (28/1/2021).

Usai melakukan tindak pidana pencurian dan pemberatan itu, ketiga pelaku langsung kabur meninggalkan Kabupaten Pidie, dengan maksud menghilangkan jejak serta terhindar dari aparat penegak hukum.

Mantan Kapolres Aceh Tamiang itu menjelaskan, peristiwa pencurian itu bermula, korban yang usai melakukan penarikan uang cas dari salah satu bank di Kota Sigli Pidie, sebesar Rp 150 juta, pada Jumat (22/1/2021).

Usia melakukan penarikan uang dalam jumlah besar itu, Kamaruddin langsung berangkat dari Bank dengan menggunakan mobil L300 Pick Up.

Selanjutnya, korban berhenti di salah satu rumah makan di Kota Sigli, sedangkan uang Rp 150 juta yang dimasukkan di dalam kantong plastik di simpan atau ditinggalkan di sela-sela kopling dan loudspeaker kendaraan roda empatnya itu.

Pelaku yang sedari awal sudah memantau dan membuntuti Kamaruddin mulai dari bank, langsung menghampiri mobil korban yang terparkir itu.

Selanjutnya, pelaku langsung membobol kunci pintu sebelah kiri mobil L300 Pick Up dan menggasak uang Rp 150 juta milik korban.

“Setelah makan siang itu, korban kembali ke mobilnya dan sangat terkejut melihat uangnya sudah tidak ada lagi, dan melihat kunci pintu mobil telah rusak,” ujarnya.

Korban pun langsung melaporkan tindak pidana pencurian dan pemberatan itu ke Polres Pidie.

Sejurus kemudian, Kasat Reskrim AKP Ferdian Chandra langsung membentuk tim guna menggungkan tindak pidana pencurian nasabah bank antar provinsi itu.

Tidak butuh waktu lama, atau sekira empat hari usai menerima laporan, personil Satreskrim Polres Pidie, berhasil mencokok tiga pelaku pencurian lintas provinsi itu saat sedang menyantap nasi ayam penyet di Kota Medan.

“Pelaku mengakui perbuatannya,” jelasnya.[]

Shares: