Polisi: Mi Goreng Ganja khas Aceh hoaks

POPULARITAS.COM – Kepolisian Daerah (Polda) Aceh memastikan bahwa produk mi instant bertulisan “Mi Goreng Ganja Khas Aceh” adalah hoaks. Tulisan di kemasan tersebut diedit oleh orang yang tak bertanggung jawab.

“Hasil penelusuran dapat dipastikan bahwa Mi Goreng Ganja adalah tidak benar alias hoax,” ujar Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy kepada popularitas.com, Rabu (16/2/2022) malam.

Winardy menyebutkan, hasil penelusuran di Google Image ditemukan gambar asli Indomie Mi Goreng Aceh di alamat https://javanesetaste.com/indomie-instant-noodle-mi-goreng-aceh-90-gram-1-pcs/.

“Sehingga dapat dipastikan bahwa gambar yang viral di media sosial adalah gambar hasil editan (hoax),” ucap Winardy.

Dia menjelaskan, di gambar asli tidak ada gambar tangan yang sedang memegang mi. Sedangkan gambar editan (hoax) ada gambar tangan yang sedang memegang sebungkus mi.

Kemudian, sambung Winardy, gambar asli bertuliskan “Mi Goreng Aceh”, sedangkan gambar editan bertuliskan “Mi Goreng Ganja”. Dan tulisan “Mi Instan” di gambar asli diganti “Mi Herbal”.

“Gambar 4 bungkus mie yang berjejer di atas adalah hasil copy paste dari gambar editan (hoax),” demikian Winardy.

Dengan adanya penjelasan tersebut, maka dapat dipastikan “Mi Goreng Ganja Khas Aceh” adalah hoaks. Demikian juga dengan pemberitaan-pemberitaan sebelumnya terkait hal itu.

Comments
Loading...