News

Polda Aceh Terbitkan Buku Fikih Berlalu Lintas

Ilustrasi, polisi lalu lintas. (Foto: idntimes)

POPULARITAS.COM – Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh menerbitkan dan meluncurkan buku fikih berlalu lintas yang menjadi panduan berkendara di jalan raya berdasarkan syariat Islam.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan penerbitan buku itu dilakukan pihaknya karena dipicu masih tingginya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di provinsi Serambi Mekkah tersebut.

“Kami membuat buku fikih berlalu lintas ini karena kondisi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di Aceh cukup tinggi. Buku ini disusun agar pengguna jalan berlalu lintas sesuai syariat Islam,” kata Kombes Pol Dicky Sondani di Banda Aceh, Jumat (1/10) seperti dikutip dari Antara.

Dicky menyatakan lewat buku tersebut ia berharap masyarakat memedomani syariat Islam dalam berlalu lintas, sehingga bisa menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Ia mengklaim aturan berlalu lintas juga pada dasarnya diatur dalam Alquran dan hadis. Buku fikih tersebut, sambungnya, mengupas lebih dalam lagi aturan berlalu lintas yang ada dalam Al Quran dan hadis.

“Memang, dalam Al Quran tidak disebutkan penggunaan helm, tetapi diatur bagaimana keselamatan berlalu. Jadi, ‘fiqh’ ini mengupas aturan berlalu lintas yang sudah diatur dalam Al Quran,” kata mantan Kapolres Aceh Tengah tersebut.

Untuk penyusunan buku fikih berlalu lintas itu, Dicky mengatakan pihaknya menggandeng sejumlah akademisi seperti dari Universitas Syiah Kuala dan Universal Islam Negeri Ar Raniry, ulama, kalangan pesantren, dan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU).

“Kami berharap masyarakat memedomani buku fikih berlalu lintas ini, sehingga berdampak kepada turunnya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di Provinsi Aceh,”  kata Dicky.

Shares: