News

Polda Aceh tanam 77 ribu bibit mangrove di usia 77 tahun kemerdekaan RI

Polda Aceh tanam 77 ribu bibit mangrove di usia 77 tahun kemerdekaan RI
Kapolda Aceh besertaunsur Forkopimda melakukan penanaman 77 bibit mangrove di wilayah Desa Alue Naga, Syiah Kuala, Banda Aceh, Selasa (23/8/2022).

POPULARITAS.COM – Polda Aceh melakukan penanaman serentak 77 ribu bibit mangrove di Desa Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Ke-77 RI, pada Selasa (23/8/2022).

Penanaman tersebut dilakukan di 23 kabupaten/kota di daerah ujung barat Sumatra itu yang dilakukan pada hari yang sama.

Kapolda Aceh, Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Haydar menyebutkan, penanaman pohon yang bertema Aceh Hijau tersebut bertujuan untuk menyelamatkan pesisir pantai dari abrasi.

“Oleh karena kita memilih tempat pesisir yang rawan abrasi, sehingga kita bisa memanfaatkan hasil alam guna kesejahteraan masyarakat provinsi Aceh,” kata Haydar.

Adapun jenis pohon yang ditanam adalah pohon mangrove. Menurutnya tanaman mangrove penting keberadaannya, karena dapat meminimalisirkan bencana.

“Pohon mangrove adalah pohon yang dilindungi, inilah yang kami pilih insha Allah dapat membawa berkah untuk seluruh pesisir pantai Aceh ke depan. Dan yang kita lihat pesisir di Aceh sering abrasi, semoga dengan penanaman ini dapat meminimalisirkan itu,” ucapnya.

Penanaman tersebut dilakukan oleh Kapolda Aceh serta turut dibantu oleh seluruh personel Polda Aceh, TNI, Ormas, akademisi, Polairud, pecinta lingkungan, dan pesantren.

Editor: Muhammad Fadhil

Shares: