Headline

Polda Aceh Larang Warga Nobar Euro 2020: Akan Kita Bubarkan

ilustrasi nonton bareng.

POPULARITAS.COM – Kepolisian Daerah (Polda) Aceh melarang warga untuk melaksanakan nonton bareng (nobar) Euro 2020 yang akan dimulai pada Sabtu (12/6/2021) dini hari.

“Polda Aceh menyarankan penggemar bola untuk nonton di rumah saja untuk menghindari kerumunan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy kepada popularitas.com, Kamis (10/6/2021).

Winardy menjelaskan, jika ada yang menonton di warung kopi atau pihak yang menyelenggarakan nobar maka tim Satgas Covid-19 akan membubarkan serta memberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

“Dan bisa saja pidana akan dikenakan karena melanggar UU Kekerantinaan dan UU Kesehatan. Polisi menegakkan hukum bahwa Keselematan Rakyat adalah Hukum yang Tertinggi (Solus Populi Suprema Lex Esto),” ucap Winardy.

Di sisi lain, kata Winardy, jika cafe atau warkop yang menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku seperti kapasitas 50 persen, mewajibakan memakai masker, menyediakan cuci tangan dan hand sanitizer dan membuat jarak antar pengunjung dan lain-lain sesuai aturan prokes, mereka bisa membuka tempat usahanya sesuai ketentuan.

Namun, Winardy mempertanyakan apakah dengan ketentuan prokes ketat seperti itu bisa menjamin tak akan menimbulkan kerumunan dengan banyaknya penonton Piala Eropa.

“Oleh karena itu Polda Aceh mengimbau masyarakat pencinta bola untuk menonton Piala Eropa di rumah saja, mereka akan terhindar bahaya COVID-19 di mana Aceh sekarang sudah menjadi zona merah penularan pandemi ini,” kata Winardy.

Editor: dani

Shares: