Polantas Pungli Akan Diberhentikan di Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Aceh akan menindak tegas setiap anggotanya yang terlibat pungutan liar. Oknum yang nakal itu bahkan akan dikeluarkan dari Ditlantas.

“Seperti kemarin saya sudah tegas mengatakan, kalau ada anggota yang masih pungli di jalan, ya kita tindak dia, kita keluarkan dia dari Lantas,” kata Direktur Lalu-lintas Polda Aceh, Kombes Dicky Sondai di Banda Aceh, Rabu, 27 November 2019.

Dicky berharap polisi akan semakin baik ke depan, serta tidak ada lagi pungutan liar dan aksi-aksi yang melawan hukum lainnya. Karena itu, ia berharap adanya dukungan dari masyarakat.

“Kita harapkan memang polisi ke depan semakin baik, tidak ada lagi pungli-pungli di jalan, dan sebagainya,” ujar Dicky.

Dalam kesempatan itu, Dicky juga berharap kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas semakin baik. Pada tahun 2019, katanya, angka kecelakaan lalu lintas di Aceh meningkat. Namun, Dicky tak tahu detail berapa jumlah peningkatannya.

“Kalau masih banyak kecelakaan lalu lintas, yang menyebabkan kematian ini merugikan kita semua, apalagi korban adalah dalam usia produktif, seperti pelajar dan mahasiswa adalah aset-aset bangsa yang harus dijaga,” kata Dicky.

Selain merugikan generasi, sebut Dicky, kecelakaan lalu lintas juga merugikan ekonomi yang mengakibatkan kemiskinan. Misalnya, jika ada seorang kepala keluarga yang meninggal karena kecelakaan, maka istri dan anaknya akan mengalami perubahan dalam ekonomi.

“Bayangkan ada seseorang kepala rumah tangga meninggal yang bertanggung jawab pada istri dan anak-anaknya, jadi akan menimbulkan kemiskinan karena istri dan anak-anaknya belum memiliki peluang untuk bekerja,” pungkasnya.* (C-008)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat