News

PMI Lhokseumawe fasilitasi etnis Rohingya bicara dengan keluarga

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Lhokseumawe, sediakan layanan Restoring Family Link (RFL) kepada pengungsi Rohingya yang ditampung di kamp BLK Lhokseumawe.
Aktivitas anak-anak etnis Rohingya di kamp BLK Lhokseumawe, Selasa (18/1/2022). (Rizkita/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Lhokseumawe, sediakan layanan Restoring Family Link (RFL) kepada pengungsi Rohingya yang ditampung di kamp BLK Lhokseumawe.

Layanan itu disediakan agar pengungsi dapat menghubungi keluarganya agar mereka dapat memulihkan hubungan dengan kerabatnya yang jauh menggunakan telepon seluler.

“Para pengungsi Rohingya tersebut ada membawa nomor telepon keluarganya, kemudian kita memfasilitasi agar bisa berkomunikasi dengan telepon seluler, tapi dengan waktu yang ditentukan, juga didampingi oleh penerjemah dari UNHCR,” ujar Ketua PMI Lhokseumawe, Junaidi Yahya, Rabu (26/1/2022).

Junaidi Yahya menambahkan, pengungsi Rohingya tersebut lebih banyak menghubungi keluarganya di negara Bangladesh dan kemudian menghubungi suaminya yang sedang berada di Malaysia.

Selain melakukan RFL, PMI Lhokseumawe juga memberikan pelayanan Psychosocial Support Programme atau pemulihan trauma, hal tersebut penting untuk dilakukan apalagi mereka sudah berbulan-bulan berada di tengah laut.

Dengan adanya pelayanan tersebut bisa membantu memulihkan kembali psikologis, sehingga mengembalikan senyum ceria mereka dan kejenuhan di tempat penampungan, terutama bagi anak-anak.

“Dengan adanya layanan PSP ini, semua mereka menjadi ceria kembali. Apalagi sebelumnya sudah berada di tengah laut selama berbulan-bulan, tentunya mengalami berbagai gangguan psikologis,” tutur Junaidi Yahya.

Shares: