News

PMI Banda Aceh antar tiga jasad pelajar yang tenggelam di Lampuuk ke Sumut

Petugas Ambulans PMI Kota Banda Aceh memfasilitasi pemulangan jenazah korban laka laut di Pantai Lampuuk, Aceh Besar, ke rumah duka di Provinsi Sumatera Utara.
Ambulans PMI Banda Aceh mengevakuasi korban tenggelam di Lampuuk, Aceh Besar, Rabu (18/5/2022). (Ist)

POPULARITAS.COM – Petugas Ambulans PMI Kota Banda Aceh memfasilitasi pemulangan jenazah korban laka laut di Pantai Lampuuk, Aceh Besar, ke rumah duka di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Peristiwa laka laut yang terjadi pada Rabu (18/5/2022), itu menyebabkan tiga pelajar asal Sumatera Utara meninggal dunia.

Koordinator Pelayanan Ambulans PMI Kota Banda Aceh Dahriani mengatakan, kru ambulans yang sedang piket menerima telepon permintaan pemulangan jenazah laka laut pada Rabu malam. Setelah mendapat telepon mereka langsung mengerahkan dua unit ambulans untuk mengantar jenazah.

“Ada tiga jenazah, dua dipulangkan dengan mobil ambulans PMI Banda Aceh dan satu jenazah dipulangkan dengan mobil ambulans PMI Aceh Besar. Jenazah dibawa pulang ke Binjai,” kata Dahriani di Banda Aceh, Jumat (20/5/2022).

Dahriani mengatakan, jenazah sampai ke rumah duka sekitar pukul 10.00 WIB pada Kamis, 19 Mei 2022.

Ia berharap petugas ambulans tetap berhati-hati dalam bertugas dan berkendara agar tidak menyebabkan kecelakaan.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi Nurdin mengatakan, pelayanan ambulans PMI Kota Banda Aceh siap melayani masyarakat 24 jam.

Karenanya, ia berharap masyarakat menyimpan nomor kontak ambulans PMI Kota Banda Aceh untuk memudahkan komunikasi PMI jika membutuhkan pelayanan ambulans.

“Kru ambulans kita insyaAllah selalu siaga. Untuk ambulans sendiri kita melayani laka lantas, antar-jemput pasien, antar jenazah, dan situasi emergency,” kata Dedi di Banda Aceh.

Ia berharap kehadiran PMI melalui pelayanan ambulans semakin menambah kontribusi dan kebermanfaatan organisasi PMI untuk masyarakat.

Sebelumnya diketahui, rombongan study tour dari Yayasan Raushan Fikri Islamic School Langkat, Sumatera Utara melaksanakan wisata ke Pantai Lampuuk. Rombongan berjumlah sekitar 130 orang itu terdiri dari guru pendamping, pelajar dan orang tua pelajar.

Usai tiba dilokasi, sebagian pelajar berenang di pantai. Naas, salah seorang pelajar terseret arus sehingga rekan lainnya berusaha menolong. Ternyata tiga orang yang ikut menolong ikut terseret arus.

Sesaat kemudian satu unit banana boat melaksanakan pertolongan dan membantu evakuasi korban. Keempat korban dinaikkan ke boat dan dibawa ke darat. Kemudian semuanya dievakuasi ke Puskesmas Lhoknga.

Setelah dilaksanakan pertolongan oleh petugas medis, tiga orang dinyatakan meninggal dunia dan satu orang kritis langsung dirujuk ke RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh.

Shares: