HeadlineNews

PLN Aceh Jelaskan Terkait Keringanan Listrik Akibat Dampak Corona

PLN Aceh Jelaskan Terkait Keringanan Listrik Akibat Dampak Corona
General Manager PT PLN UIW Aceh, Jefri Rosiadi

ACEH BESAR (popularitas.com) – PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh memperkirakan ada 832.961 pelanggan di provinsi setempat yang akan mendapat keringanan tagihan listrik bagi pelanggan 450 Volt Ampere (2 Ampere) dan diskon 50 persen untuk pelanggan 900 Volt Amper (4 Ampere)

“Kami perkirakan ada 629.523 pelanggan yang masuk dalam golongan dengan daya 450 VA atau 2 Ampere yang akan menikmati listrik gratis selama tiga bulan dalam upaya mengurangi dampak COVID-19 sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) yang salah satunya mengratiskan biaya tagihan listrik tiga bulan,” kata General Manager PT PLN UIW Aceh, Jefri Rosiadi di Banda Aceh, Jumat (3/4/2020).

Ia menjelaskan sebanyak 203.438 pelanggan dengan daya 900 VA atau 4 Ampere akan menikmati diskon tagihan listrik sebesar 50 persen selama tiga bulan terhitung bulan April, Mei dan Juni 2020.

Ada pun mekanisme atau cara untuk mendapatkan program tersebut adalah untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar/analog akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni.

Sementara untuk pelanggan pra bayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir”.

Kemudian untuk pelanggan dengan daya 900 VA pasca bayar/analog yang mendapatkan program diskon 50 persen hanya diwajibkan membayar rekening 50 persen saja.

Sementara bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir dan ini hanya berlaku bagi pelanggan yang sudah terdaftar di Basis Data Terpadu (BDT) atau pelanggan subsidi.

Ia mengatakan untuk mengetahui pelanggan mendapatkan subsidi atau tidak, Jefri menjelaskan bahwa pada struk rekening listrik bisa dilihat ada kode R1/900 VA.

“ini menunjukkan bahwa pelanggan tersebut berhak mendapatkan subsidi, sementara jika tertera R1M/900 VA maka pelanggan tersebut tidak sebagai pelanggan yang mendapatkan subsidi listrik dari pemerintah,” katanya.

Ada pun untuk mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50 persen untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi melalui website sebagai berikut membuka alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus COVID-19.

Selanjutnya memasukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter dan Token Gratis akan ditampilkan di Layar dan pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Konsumen juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123 dengan cara membuka Aplikasi WhatsApp, Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan dan Token gratis akan muncul.

Kemudian pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan dan dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon rekening Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 April, paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut. Saat ini mungkin pelanggan susah untuk mengakses kedua mekanisme tersebut karena padatnya pelanggan yang mengakses, jadi kami berharap pelanggan bisa mencoba mengakses di waktu lain,” ujarnya.[ant]

Shares: