PKM Universitas Samudra Langsa latih guru fisika

POPULARITAS.COM – Tim Pengabdian Masyarakat (PKM) Universitas Samudra (Unsam) Langsa, gelar pelatihan bagi guru fisika SMA di daerah tersebut. Kegiatan itu dilangsungkan pada 3 September 2022 lalu.

Lewat pengabdian itu, PKM Unsam Langsa beri pelatihan integrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Metode itu itu dinilai sebagai upaya wujudkan SMD yang berkualitas, dan berdaya saing di dunia kerja.

Ketua Tim PKM Unsam Langsa, Dona Mustika, dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/9/2022) mengatakan, STEM sebuah pembelajara yang memadukan kelas dan laboratorium. Sehingga mudah diterapkan dalam lingkup pekerjaan.

Metode STEM sendiri di Indonesia masih minim di praktekkan, hal itu dikarenakan pemahaman guru tentang pendidikan STEM itu sendiri yang belum memadai.

Kesulitan untuk menerapkan STEM adalah integrasi dalam sistem pembelajaran. Sebab kurikulumnya masih terpisah. “Ini tantangan bagi para guru mata pelajaran fisika,” terangnya.

Untuk itu, sambungnya, pihaknya fasilitasi pelatihan ini terhadap guru mata pelajaran fisika tingkat SMA, untuk memudahkan para pengajar tersebut mempratekkan metode itu dalam pembelajaran nantinya.

Pelatihan itu sendiri, sambungnya, di danai oleh Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tahun 2022.

Dona melanjutkan, sebenarnya secara teori, terdapat tiga pola integrasi pendidikan STEM, yakni Silo, embedded, dan integrated. Nah, yang paling cocok itu teknik integrasi. Sebab dalam prakteknya menggabungkan empat unsur Science, Technology, Engineering and Mathematic menjadi subjek. Sedangkan dalam pola silo dan embedded masih ada pemisahan kajian dari setiap unsur Science, Technology, Engineering and Mathematic. 

Dalam sesi pelatihan yang diberikan pihaknya, para guru dibekali tentang urjensi implementasi pendidikan STEM, teknis integrasi, dan contoh produk STEM, serta pemilihan model pembelajaran.

Nah, setelah pembekalan itu, kemudian dilakukan pengukuran tingkat pemahaman peserta pelatihan tentang integrasi STEM dalam pembelajaran, tambahnya lagi.

Sementara itu, Ketua MGMP Fisika SMA kota Langsa, Kiki Safrezy menyambut baik acara itu, seraya mengatakan kegiatan pelatihan yang didapatkan pihaknya dari PKM Unsam, saat bermanfaat.

 

Editor : Hendro Saky

Comments
Loading...