EkonomiNews

Pj Walkot Banda Aceh diminta bantu bangkitkan UMKM

Pj Walkot Banda Aceh diminta bantu bangkitkan UMKM
Ilustrasi, Owner IKM Yuyun Bordir, Yulidar Oesman saat berada di tokonya di Jalan Prof Ali Hasyimi, Ilie, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, Sabtu (28/5/2022). (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Banda Aceh mengalami kesulitan untuk kembali bangkit akibat beberapa dampak yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19.

“Karena itu, sangat dibutuhkan peran aktif dari Pemko Banda Aceh untuk membantu memberdayakan pelaku usaha bidang ini agar bisa tumbuh Kembali,” kata Wakil Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Banda Aceh, Fevi Desy Noliza, dalam keterangannya, Senin (22/8/2022).

Menurut Fevi, dampak pandemi Covid-19 yang dirasakan oleh sektor UMKM antara lain, penjualan dan laba turun drastis, modal berkurang, karyawan dikurangi, serta pembayaran angsuran pada bank atau lembaga keungan lain terkendala.

“Karena itu, kami berharap Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh dapat membantu memberdayakan pelaku UMKM, terutama dalam memasarkan produk yang dihasilkan. Sehingga secara lambat laun mereka bisa bangkit kembali seperti sebelum pandemi melanda,” harap Fevi yang juga Wakil Ketua DPW Partai NasDem Aceh.

Selain itu, lanjutnya, Pemko Banda Aceh juga harus segera menggiatkan pelatihan dan dukungan fasilitas agar mereka bisa menggunakan platform online seperti akses dan pulsa, kualitas sinyal yang baik, serta kebutuhan logistik.

Hal ini, tambah Fevi, sejalan dengan upaya Kementerian Koperasi dan UKM yang sedang mendorong gerakan go digital bagi UMKM di Indonesia.

“UMKM harus kita bina dan besarkan bersama-sama karena sektor ini mampu menyerap tenaga kerja yang cukup besar,” ucap Fevi seraya menyampaikan pemerintah dan swasta juga harus ikut memberikan bantuan modal usaha kepada pelaku UMKM. Sehingga aktivitas sektor ini dapat berjalan kembali seperti sebelumnya.

“Pemberian modal usaha bagi pelaku UMKM akan merangsang roda perekonomian di kalangan masyarakat. Memberdayakan UMKM secara tidak langsung juga memberdayakan masyarakat agar mereka juga bisa hidup sejahtera,” pungkas Fevi Desy Noliza yang juga Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Banda Aceh.

“Karena itu, kami berharap Pj Wali Kota Banda Aceh dapat membantu memberdayakan pelaku UMKM, terutama dalam memasarkan produk yang dihasilkan,” pungkasnya.

Shares: