News

Pj Bupati Aceh Besar : Penanganan virus PMK prioritas 

Sejak jabat Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto melakukan langkah-langkah penting dan serius guna penanganan virus penyakit mulut dan kuku (PMK) di daerah itu. Hal tersebut dilakukannya dengan melibatkan semua komponen, dan juga forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) untuk sinergitas kerja.
Pj Bupati Aceh Besar : Penanganan virus PMK prioritas 
Ilustrasi, Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP, MM bersama Kadis Peternakan Aceh, Zalsufran, Kapolres Aceh Besar, AKBP Carlie Syahputra, S.IK, MH, melakukan penyemprotan disinfektan di kandang sapi untuk mencegah penyakit hewan menular di Montasik, Aceh Besar, Selasa 19/7/2022

POPULARITAS.COM – Sejak jabat Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto melakukan langkah-langkah penting dan serius guna penanganan virus penyakit mulut dan kuku (PMK) di daerah itu. Hal tersebut dilakukannya dengan melibatkan semua komponen, dan juga forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) untuk sinergitas kerja.

Bersama Kapolres Aceh Besar, AKBP Carlie Syahputra Bustaman, Selasa (19/8/2022), saat keduanya tinjau dan lakukan disenfeksi kandang milik warga yang terkena PMK di Gampong Reudeup wan Weu Krueng, Montasik, Muhammad Iswanto ingkatkan jajarannya dan forum pimpinan kecamatan, untuk serius atas persoalan tersebut.

“Denyut ekonomi Aceh Besar ini disumbangkan sektor pertanian dan peternakan. Jadi saya minta semua pihak serius melihat persoalan ini,” tukasnya.

Secara khusus, dia juga minta kepada Kadis Perternakan Aceh Besar, yang turut hadir di acara itu, untuk proaktif lewat sosialisasi, pemantauan, pendataaan, serta penanganan terhadap hewan yang terdampak. “Ini penting untuk dukung pemulihan ekonomi masyarakat di Aceh Besar,” tukasnya kemudian.

Ia menyebutkan, persoalan PMK di Aceh Besar masih jadi kekhawatiran peternak, untuk itu, sebagai aparatur pemerintah kita harus menjalankan tugas untuk membantu masyarakat, agar persoalan yang dihadapi warga dapat ditangani dengan cepat.

Selain itu juga, sambung Iswanto lagi, penting bagi kita untuk memiliki data yang lengkap terkait dengan jumlah ternak, sebaran ternak, dan data hewan yang telah sembuh dari PMK. Hal tersebut guna memudahkan pemerintah dalam menerapkan strategi intervensi dalam percepatan penanganan PMK di Aceh Besar.

Dia juga telah memerintahkan instansi terkait, untuk membuat kontak layanan penanganan PMK hingga ke tingkat kecamatan, agar masyarakat dapat mudah menghubungi petugas jika mendapati hewan ternak miliknya terkena PMK. “Kita harus cepat tangani masalah ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kadis Peternakan Aceh, Zalsufran menyampaikan apresiasi terhadap langkah cepat Pj Bupati Aceh Besar, Muhammaf Iswanto dengan mengunjungi langsung ternak warga. “Kita siap bantu pemerintah Aceh Besar untuk tangani Wabah PMK,” tukasnya.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: