Pj Bupati Aceh Besar : 100 persen Hewan ternak di Aceh sembuh dari PMK

POPULARITAS.COM – Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menegaskan, saat ini daerah yang Ia pimpin 100 persen Hewan ternak telah bebas dan sembuh dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

Lewat kerangannya kepada popularitas.com, Senin (8/8/2022), angka kesembuhan 100 persen yang dicapai Pemerintah Aceh Besar, berkat dukungan semua pihak, terutama petugas kesehatan hewan, unsur forum pimpinan kecamatan, dan juga para perternak di daereah ini.

Angka kesembuhan 100 persen itu, sambung Pj Bupati Aceh Besar, bermakna bahwa, Hewan ternak yang terjangkit PMK di daerah ini, sudah sembuh dan bebas dari penyakit tersebut.

“Keberhasilan ini atas kerja keras semua pihak,” tukasnya.

Dari total 12.150 hewan ternak di Aceh Besar, yang terdiri dari 10.899 sapi, dan 1.170 kerbau, 91 kambing, tersebar di 23 kecamatan, seluruhnya telah dinyatakan sembuh dan bebas dari PMK.

Dari jumlah itu, sambungnya, memang masih terdapat sisa 3 ekor sapi yang masih dalam proses peyembuhan. Namun angkanya sangat kecil dari total yang telah sembuh.

Atas capaian itu, Pj Bupati Aceh Besar juga menyampaikan terimakasih kepada unsur TNI dan Polri, serta gugas tugas PMK Aceh Besar, serta semua instansi di lingkup pemerintahan daerah yang telah bekerja optimal.

Muhammad Iswanto juga ingatkan para peternak, meskipun angka kesembuhan PMK sudah capai 100 persen, namun pihakya minta masyarakat untuk tetap waspda. “Acaman PMK belum berakhir,” tandasnya.

Untuk itu, dia minta kepada seluruh peternak, untuk tetap menjaga kebersihan kandang, dan terus mewaspada setiap kemungkinan hewan terjangkit PMK. Jika menemukan gejala itu segera lapor petugas, demikian Muhammad Iswanto.

Comments
Loading...