News

Pilkades Serentak di Pidie Jaya, Dua Gampong Ditunda Pemilihan

Ilustrasi.

POPULARITAS.COM – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Pidie Jaya, hanya tinggal menghitung hari. Namun terdapat dua desa yang dilaporkan tidak dapat melaksanakan Pilkades

Sebagaimana diketahui, pada Rabu 31 Maret 2021, Pidie Jaya akan menggelarkan Pilkades serentak untuk 89 gampong di delapan kecamatan daerah setempat.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekretariat Daerah Pidie Jaya, T Safrizal menyebutkan, pelaksanaan Pilkades serentak, yang akan berlangsung satu pekan ke depan, dua gampong di kecamatan yang berbeda pemilihannya ditunda.

Meliputi, Gampong Gampong Blang Kecamatan Meurah dua, dan Nyong, Kecamatan Bandar Baru.

Penundaaan dua desa Pilkades serentak itu, disebabkan calon kepala desa tersebut tidak lengkap administrasi pencalonan.

“Dua desa itu ditunda pemilihannya, karena calon hanya satu, jadi tidak mungkin lawan tong kosong,” ujarnya.

Dalam Pilkades serentak tersebut, tercatat sebanyak 47 keuchik sebelumnya atau calon petahana yang tersebar di tujuh kecamatan, kembali maju dalam pemilihan calon Kepala desa untuk periode 2021-2027.

“Disebabkan keuchik tersebut kembali mencalonkan diri, sedangkan yang bersangkutan harus mengambil cuti terhitung hari penetapan, maka jabatan Pelaksana tugas akan langsung di Pltkan ke Sekdes,” jelasnya.

Di mana Sekdes nantinya akan menjalankan semua perannya sebagai Kepala desa, baik untuk administrasi maupun proses pencairan dana desa.

Editor: dani

Shares: