Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Pesona Senja di Pantai Sunset Surf Lhoknga

Para pengunjung mengabadikan senja di Sunset Surf Lhoknga | Foto: Fahzian Aldevan

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kawasan Aceh Besar memang menyimpan berbagai destinasi wisata alam yang mempesona. Pantai-pantai yang ada pun terlihat indah dan tidak habis-habisnya untuk ditelusuri.

Salah satu wisata pantai yang sedang hits di kalangan anak muda adalah Sunset Surf, yang berlokasi pantai Babah Kuala di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

Pantai ini berjarak 15 Kilometer dari pusat ibu kota Banda Aceh. Butuh waktu sekitar 40 menit bagi pengendara sepeda motor atau kendaraan roda empat menuju lokasi jika kondisi jalan lengang. Rute menuju pantai ini juga mudah dengan menyusuri jalan Banda Aceh-Meulaboh.

Pengelola pantai ini menerapkan biaya masuk Rp3 ribu per orang bagi wisatawan yang datang. Tentu saja biaya tersebut relatif murah karena pengunjung bakal puas menikmati keindahan pantai di waktu rehat.

Nyaris saban hari pantai itu dipenuhi pengunjung yang dominannya kalangan anak muda. Ada yang sekedar nongkrong sambil berburu spot sunset hingga menikmati berbagai macam kuliner khas nusantara.

Pantai ini juga dihiasi dengan pasir putih dan bersih dan warna laut tosca kebiruan. Inilah yang membuat pantai Sunset Surf instagramable, yang tentunya sangat sayang dilewatkan.

Jika ingin menguji andrenalin, pengunjung juga dapat mencoba surf leason yang disediakan pengelola kafe. Pantai Sunset Surf dibuka sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB sore. Kendati tutup saat Maghrib, tetapi para pengunjung harus menaati aturan-aturan syariat Islam yang berlaku.

Fajar Sidiq salah satu pengunjung mengaku mengetahui lokasi pantai itu di media sosial. Berangkat dari rasa penasarannya, Fajar tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan liburannya.

“Tahunya di Instagram teman, karena penasaran langsung pergi bersama teman kesini,” kata Fajar kepada popularitas.com, Sabtu, 4 Mei 2019.

Fajar yang saat ini kuliah di Jogjakarta menilai objek wisata pantai Sunset Surf sangat asyik dan tenang. Lagipula para pengelola dan pengunjung turut menghormati aturan syariat yang berlaku di Aceh.

“Sebelum masuk memang sudah ada pemberitahuan tentang larangan dan harus sesuai dengan syariat Islam bagi pengunjung, itu saya baca tadi,” kata Fajar.

Sementara pengunjung lainnya Salma mengaku objek wisata pantai itu menjadi salah satu destinasi wisata favorit baginya. Sebab kata Salma, pantai itu bisa membuat dirinya menjadi rileks dengan aktivitas kampus selama sepekan.

“Ombaknya nggak begitu besar, terus pantainya juga bersih, saya sudah sering kesini, kalau sore hari kita bisa menikmati sunset,” tutur Salma.*(FZA)

Shares: