Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Pesona Barat Selatan momentum bangkitkan pariwisata Barasela

Festival Barat Selatan 2022 akan dihelat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh pada tanggal 27-28 Agustus 2022, di Kota Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan. 

POPULARITAS.COM – Festival Pesona Barat Selatan 2022 akan dihelat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh pada tanggal 27-28 Agustus 2022, di Kota Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan.

Kepala Disbudpar Aceh, Almunizal Kamal, dalam keterangannya, Rabu (24/8/2022) menerangkan, Festival Pesona Barat Selatan yang digelar pihaknya, akan menjadi momentum terbaik untuk kenalkan budaya, dan potensi sumber daya alam, dan pariwisata di kawasan Barat Selatan (Barasela) di daerah ini.

Sebabnya, festival itu, akan menjadi sarana penting untuk angkat keanekaragaman budaya, serta ragam kesenian, kuliner, dan potensi kepariwisataan lainnya, ujarnya.

Kawasan Barasela, sambungnya, miliki ragam budaya dan suku, seperti Aneuk Jame, Kluet, Haloban, hingga Devayan. Hal lainnya, daerah ini juga punya bentang alam yang indah, seperti rawa singkil, kepulauan banyak, dan pesiri pantai sepanjang Aceh Jaya, hingga Pulau Simeulue. “Jadi, sangat pantas kawasan ini jadi destinasi wisata terbaik di Aceh,” terangnya.

Almuniza mengajak semua pihak untuk terus melestarikan adat, budaya, alam, dan lingkungan, demi bangkitnya industri pariwisata di kawasan pesisir Aceh.

“Kita terus berupaya mendorong perkembangan industri pariwisata Aceh agar masyarakat sejahtera. Mohon dukungannya, mari kita manfaatkan momen ini untuk memperkenalkan keelokan pariwisata dan budaya kita kepada wisatawan,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Teuku Hendra Faisal menambahkan, Festival Pesona Barsela ini menjadi media bagi seniman lokal untuk terus mengembangkan tradisi budayanya dan bangkit kembali pasca-pandemi Covid-19. 

“Kegiatan ini juga untuk memberikan edukasi secara maksimal mengenai pemasaran world of mouth dan digital marketing tentang keindahan alam dan budaya barat selatan Aceh, serta mampu membawa generasi muda maupun masyarakat umum ikut mengembangkan wisata di daerahnya,” kata Hendra.

Sebagai informasi, selain penampilan kesenian tradisonal, di Festival Pesona Barsela nanti bakal turut dimeriahkan musisi nasional seperti Wahyu Selow dan Rury Republik.  Bahkan, sejumlah artis lokal Aceh yang tengah populer seperti Safira Amalia hingga Rial Doni juga bakal ikut menghibur pengunjung. (**)

Shares: