Pesona Barat Selatan digelar di Tapaktuan 28-31 Agustus 2022

POPULARITAS.COM – Kabupaten Aceh Selatan menjadi tuan rumah Festival Pesona Barat Selatan yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh pada 28 hingga 31 Agustus 2022.

“Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Selatan Cut Syazalisma di Tapaktuan, ibu kota Kabupaten Aceh Selatan, mengatakan Festival Pesona Barat Selatan tersebut dipusatkan di Lapangan Naga, Tapaktuan.

“Festival ini menampilkan berbagai kegiatan mulai dari jalan santai, budaya serta pentas seni budaya dari beberapa kabupaten kota di barat selatan Provinsi Aceh,” kata Cut Syazalisma, Selasa (23/8/2022) dikutip dari laman Antara.

Menurut Cut Syazalisma, kegiatan di akhir Agustus 2022 tersebut terlaksana atas kerja sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan yang difasilitasi Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan.

Untuk jalan santai pada festival tersebut, kata Cut Syazalisma, dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 28 Agustus 2022. Lomba jalan santai tersebut menyediakan berbagai hadiah menarik.

Rute jalan santai dari Alun-alun, depan Kantor Bupati Aceh Selatan menuju Bank Aceh. Selanjutnya menuju RTH Taman Pala Indah. Untuk titik pengeceknya di depan Pelabuhan Tapaktuan. Sedangkan finis, kembali di depan Alun-alun, kata Cut Syazalisma.

Pada festival tersebut juga ada penampilan pentas seni budaya berupa musikalisasi puisi, seni hikayat dari Kabupaten Nagan Raya, tarian tabir dari Kota Subulussalam.

Kemudian, ada bloh apui dan hikayat dari Kabupaten Aceh Barat, rapai geleng, tarian lanot sampot dan debus dari Kabupaten Aceh Selatan, ratoh jaroe dari Kabupaten Aceh Barat Daya, serta penampilan penyanyi Aceh maupun artis nasional.

“Pembukaan festival Pesona Barat Selatan akan menampilkan tarian massal oleh pelajar SMP dan SMA di Aceh Selatan serta penampilan hikayat,” kata Cut Syazalisma.

Comments
Loading...