News

Pertunjukan kesenian Pase sosialisasi mulainya televisi digital di Aceh

Kominfo) RI menggelar sosialisasi siaran televisi digital di Pendopo Bupati Aceh Utara, Jumat (25/3/2022) malam.
Sosialisasi siaran televisi digital yang digelar di Pendopo Aceh Utara, Jumat (25/3/2022) malam.

POPULARITAS.COM – Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) RI menggelar sosialisasi siaran televisi digital di Pendopo Bupati Aceh Utara, Jumat (25/3/2022) malam.

Sosialisasi dikemas dalam pentas seni Pase itu juga mempertunjukan sejumlah atraksi seni dari Sanggar Cut Meutia, Pendopo Aceh Utara.

Dosen Ilmu Komunikasi, Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, Masriadi Sambo, menjadi salah satu pembicara pada even itu.

Menurutnya, sosialisasi migrasi televisi analog ke digital di Aceh sudah berlangsung sejak dua tahun terakhir.

“Ada kekeliruan di masyarakat, bahwa dianggap televisi digital ini berbayar. Kekeliruan ke dua dianggap oleh masyarakat bahwa siaran televisi digital itu lewat internet,” sebut Masriadi.

Dia menyebutkan, pemahaman itu yang harus dijelaskan oleh Kominfo RI dan kabupaten/kota pada masyarakat. Di sisi lain, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh sudah melakukan sosialisasi untuk pantai barat dan selatan Aceh.

“April nanti kita masuk ke lintas timur Aceh bersama teman-teman Kominsa Provinsi Aceh,” kata Masriadi yang juga Komisioner KPI Aceh.

Dia berharap, masyarakat segera beralih ke televisi digital. Kelebihan televisi digital canggih teknologinya, bersih gambarnya dan jernih suaranya, siarannya juga gratis tanpa berbayar, masyarakat cuma menyediakan Set Top Box untuk mendapatkan siaran televisi digital di wilayah masing-masing.

“Sisi lain, ini bagus buat pengembangan potensi bisnis televisi yang segmented seperti kampus dan pesantren. Ini ceruk bisnis baru yang harus digali oleh masyarakat Aceh,” ujarnya.

Pada pertunjukan virtual kesenian Piasan Pase yang disebarluaskan secara streaming di kanal YouTube Kemkominfo TV, KSBN TV, PUJA TV News dan Siaran Digital Indonesia menampilkan tiga tarian tradisional Aceh seperti Tari Meuhidang dan Tari Limong Siekarang serta Tari Poh Kipah yang dikolaborasikan dengan Rapai Geleng, dan yang terakhir Tarian Troen u Laot, seluruh tarian ditampilkan oleh sanggar Cut Meutia Meuligoe Aceh Utara di bawah pimpinan istri Bupati Aceh Utara Cut Ratna Irawati.

Shares: