News

Pergerakan pemudik ke Simeulue meningkat

Pergerakan pemudik menggunakan transportasi penyeberangan di wilayah barat selatan Aceh terus mengalami peningkatan.
KMP Aceh Hebat. (Dok. Dishub Aceh)

POPULARITAS.COM – Pergerakan pemudik menggunakan transportasi penyeberangan di wilayah barat selatan Aceh terus mengalami peningkatan.

Hal tersebut terlihat dari tingginya volume penumpang KMP Aceh Hebat 1 yang bergerak dari Pelabuhan Calang menuju Pelabuhan Penyeberangan Sinabang, Simeulue dalam sepekan terakhir.

Koordinator Tim monitoring Angkutan Lebaran Dishub Aceh di pelabuhan Calang, Ardian Savilla, Kamis (28/4/2022) menyebutkan, berdasar data manifes kapal dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Singkil, dua hari lalu, tercatat sebanyak 310 penumpang menyeberang ke Pulau Simeuleu.

Selain itu, tercatat pula 159 kendaraan campuran diangkut oleh kapal Aceh Hebat 1. Ia mengatakan, mayoritas pemudik adalah mahasiswa asal Simeulue yang belajar di Banda Aceh.

“Di manifest juga terlihat dominannya kendaraan roda dua yang diangkut, jadi memang ramai mahasiswa pada penyeberangan hari ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, hal ini sangat dimaklumi setelah selama dua tahun terakhir ini dilakukan pembatasan perjalanan selama libur lebaran. Untuk itu, animo pemudik sangat tinggi untuk bisa melakukan lebaran dikampung halamannya masing-masing.

Shares: