Perbatasan Aceh Utara-Bireuen macet panjang

POPULARITAS.COM – Arus lalu lintas kendaraan di Jalan Lintas Sumatera (jalinsum) tepatnya di perbatasan Kabupaten Aceh Utara-Bireuen mengalami macet panjang pada lebaran Idulfitri 1443 H.

Kemacetan terpantau terjadi sejak lebaran kedua, Selasa (3/5/2022), terutama antara pukul 17.00 hingga 21.30 WIB.

Selain akibat meningkatnya volume kendaraan di hari raya, kemacetan ini juga disebabkan oleh keluar masuknya kendaraan roda empat di sejumlah pusat kuliner di keude Geurugok, Kec. Gandapura, Bireuen.

Pantauan popularitas.com, Rabu (4/5/2022) sore, penumpukan kendaraan terjadi mulai dari keude Krueng Mane, Kab. Aceh Utara hingga kawasan Cot Puuk, Kab. Bireuen.

Salah seorang warga Gandapura, Zulfahmi menyebutkan, kemacetan tersebut terjadi setiap tahun saat lebaran, baik Idulfitri maupun Iduladha.

“Kemacetan terjadi terutama saat jam makan siang dan malam, ini akibat jalan di kawasan ini tergolong sempit,” ujar Fahmi.

Untuk mengatasi kemacetan panjang, kata Fahmi, pengendara dari arah Banda Aceh menuju Medan bisa mengambil jalur alternatif, dari Simpang Pulo Awe, Kec. Kuta Blang, lalu melawati Samuti dan keluar melalui Simpang 4 Geurugok, Gandapura, Bireuen.

“Melalui jalur alternatif ini, paling tidak bisa menimalisir kemacetan yang terjadi, terutama dari wilayah barat ke timur,” ucap Fahmi.

Comments
Loading...