FeatureNews

‘Penutupan Perbatasan Jangan Hanya Sekedar Wacana’

Ilustrasi, Polisi menjaga perbatasan Aceh untuk menghalau kendaraan penumpang yang masuk ke Aceh. (Foto: dirlantas Polda Aceh)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kasus positif virus corona atau Covid-19 di Provinsi Aceh bertambah sebanyak 27 orang pada Rabu, 15 Juli 2020. Sehingga, secara akumulasi total jumlah kasus Covid-19 di Tanah Rencong mencapai 137 kasus.

27 orang itu adalah berasal dari Kabupaten Aceh Besar sebanyak 17 orang, Banda Aceh 7 orang. Sementara Bireuen, Lhokseumawe dan luar daerah masing-masing 1 orang.

Penambahan 27 kasus terbaru itu merupakan yang tertinggi sejak pertama ditemukan di Aceh pada penghujung Maret 2020 lalu. Setelah itu, kasus positif Covid-19 di Aceh naik turun.

Aceh bahkan sempat merasakan tak adanya penambahan kasus baru selama sepekan lebih pada bulan Mei lalu. Keberhasilan ini sempat mendapat apresiasi dari tim gugus penanganan Covid-19 pusat pada 24 Mei 2020 lalu.

Saat itu, Aceh hanya mencatat ada 19 kasus Covid-19. Dari jumlah ini, 17 di antaranya sudah dinyatakan sembuh, 1 orang masih dalam perawatan dan 1 orang meninggal dunia.

Pemerintah pusat melalui Juru Bicara COVID-19 Achmad Yurianto saat itu bahkan meminta provinsi lain berkaca pada Provinsi Aceh yang dianggap sukses menekan penambahan kasus baru Covid-19.

Seolah terbang karena pujian. Pada 28 Mei, Aceh kembali menambah 1 pasien positif Covid-19, sehingga total menjadi 20 orang. Setelah itu, Aceh kembali merasakan tak adanya penambahan kasus baru selama sepekan lebih.

Shares: