‘Penutupan Perbatasan Jangan Hanya Sekedar Wacana’

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kasus positif virus corona atau Covid-19 di Provinsi Aceh bertambah sebanyak 27 orang pada Rabu, 15 Juli 2020. Sehingga, secara akumulasi total jumlah kasus Covid-19 di Tanah Rencong mencapai 137 kasus.

27 orang itu adalah berasal dari Kabupaten Aceh Besar sebanyak 17 orang, Banda Aceh 7 orang. Sementara Bireuen, Lhokseumawe dan luar daerah masing-masing 1 orang.

Penambahan 27 kasus terbaru itu merupakan yang tertinggi sejak pertama ditemukan di Aceh pada penghujung Maret 2020 lalu. Setelah itu, kasus positif Covid-19 di Aceh naik turun.

Aceh bahkan sempat merasakan tak adanya penambahan kasus baru selama sepekan lebih pada bulan Mei lalu. Keberhasilan ini sempat mendapat apresiasi dari tim gugus penanganan Covid-19 pusat pada 24 Mei 2020 lalu.

Saat itu, Aceh hanya mencatat ada 19 kasus Covid-19. Dari jumlah ini, 17 di antaranya sudah dinyatakan sembuh, 1 orang masih dalam perawatan dan 1 orang meninggal dunia.

Pemerintah pusat melalui Juru Bicara COVID-19 Achmad Yurianto saat itu bahkan meminta provinsi lain berkaca pada Provinsi Aceh yang dianggap sukses menekan penambahan kasus baru Covid-19.

Seolah terbang karena pujian. Pada 28 Mei, Aceh kembali menambah 1 pasien positif Covid-19, sehingga total menjadi 20 orang. Setelah itu, Aceh kembali merasakan tak adanya penambahan kasus baru selama sepekan lebih.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat