EkonomiNews

Penumpang Penyeberangan ke Sabang Meningkat

Ditengah pandemi, 278 ribu wisatawan lokal kunjungi Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Penumpang penyeberangan ke Sabang, Provinsi Aceh, melalui Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, meningkatkan menjelang pergantian tahun.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh Akil Perdana di Banda Aceh, Jumat mengatakan, penyeberangan ke Sabang dilayani dua kapal lambat dan empat kapal cepat.

Pelayaran kapal lambat memakan waktu dua jam, sedangkan kapal cepat kurang dari satu jam perjalanan.

Akil menyebutkan, peningkatan penumpang ke Sabang beberapa hari menjelang tahun baru mencapai 60 persen dibanding hari biasa, baik yang menggunakan kapal cepat maupun kapal lambat.

Dalam beberapa hari terakhir ini, kata dia, jumlah penumpang ke Sabang menggunakan kapal cepat mencapai 1.500 orang per hari, sedangkan penumpang hari biasa, hanya di kisaran 800-an.

Begitu juga dengan penumpang kapal lambat, sebut dia, juga meningkat hingga 800-an orang per hari. Sedangkan di hari biasa hanya 200-an penumpang setiap harinya.

Peningkatan juga terjadi pada kendaraan, baik sepeda motor maupun roda empat. Kendaraan bermotor yang diseberangkan ke Sabang meningkat hingga 200-an unit per harinya.

“Kendati terjadi peningkatan penumpang ke Sabang, namun tidak terjadi penumpukan di Pelabuhan Ulee Lheue. Begitu juga kendaraan, biasa terangkut semuanya ke Sabang,” kata Akil Perdana seperti dikutip Antara.[acl]

Shares: