News

Pengungsi Rohingya Dievakuasi ke Darat Karena Alasan Kemanusiaan

Pengungsi Rohingya saat berada di bibir pantai. (popularitas/Risky)

ACEH UTARA (popularitas.com) – Kepala Kantor SAR Banda Aceh Budiono mengatakan, pihaknya dan warga terpaksa mengevakuasi pengungsi Rohingya dari laut ke darat karena alasan kemanusiaan. Apalagi saat itu, cuaca lagi kurang baik, hujan disertai petir.

“Ini bagian dari kemanusiaan, kita mengevakuasi manusia dalam keadaan darurat ke tempat yang lebih aman,” kata Budiono kepada wartawan di lokasi tempat diturunkannya pengungsi Rohingya, di Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Kamis, 25 Juni 2020.

Selanjutnya pengungsi Rohingya tersebut bakal menjalani pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan oleh pihak terkait. “Nanti ada instansi lain yang melanjutkan langkah selanjutnya,” kata Budiono.

Warga Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara Gotong Royong menarik kapal yang terombang-ambing dari perairan setempat.

Mereka juga menurunkan semua pengungsi Rohingya yang berada di atas kapal ke darat. Pantauan popularitas.com, saat kapal merapat ke bibir pantai Lancok, warga menyambut pengungsi Rohingya dalam guyuran hujan.

Salah seorang warga, Syukri mengatakan, warga sekitar tidak tega melihat pengungsi Rohingya tersebut terombang-ambing di perairan. Sehingga warga sepakat untuk menarik kapal ke bibir pantai.

“Kita tidak tega melihat mereka terombang-ambing dilautan,” ujar Syukri.

Reporter: Risky

Shares: