News

Pengendara Diswab Antigen di Pos Penyekatan Masuk Banda Aceh

Pelintas di jalan rasa diswab antigen di Posko Penyekatan PPKM Mikro Level 4 di Bundaran Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Senin (12/7/2021) malam. (Istimewa) 

POPULARITAS.COM – Enam orang pelintas di jalan rasa diswab antigen di Posko Penyekatan PPKM Mikro Level 4 di Bundaran Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Senin (12/7/2021) malam.

Kepala Biro Operasi Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito mengatakan, tes swab antigen itu dilakukan seiring dengan pemberlakuan Kota Banda Aceh dalam kategori PPKM Mikro level 4 yang diperketat, sehingga jalur masuk ke Kota Banda Aceh juga diperketat.

“Ada 6 orang tadi malam yang diswab antigen oleh petugas di Posko penyekatan Lambaro. Berdasarkan hasil tes swab antigen dinyatakan hasilnya non reaktif,” katanya dalam keterangan, Selasa (13/7/2021).

Agus menjelaskan, swab antigen adalah bagian dari implementasi Intruksi Mendagri No 17 Tahun 2021. Kegiatan ini akan terus berlanjut sesuai yang diatur dalam Intruksi Mendagri.

“Saat ini telah digelar 3 titik posko penyekatan PPKM Mikro level 4 yang diperketat, salah satu kegiatan prokes digelar di posko tersebut, yaitu melakukan swab antigen terhadap pelintas dan dalam rangka untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah kita,” ucap Agus.

Sebelumnya diberitakan, seiring diberlakukannya pengetatan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro level 4, petugas akan melakukan pemeriksaan bagi masyarakat yang ingin masuk ke Banda Aceh dengan melakukan swab antigen secara acak.

Karo Ops Polda Aceh Kombes Pol Agus Sarjito mengatakan, selain swab antigen secara random, petugas di pos penyekatan juga memastikan bahwa masyarakat yang masuk ke Banda Aceh membawa dan menunjukkan surat antigen, surat negatif PCR, atau sertifikat vaksin.

“Yang masuk ke Banda Aceh diperiksa, dan dipastikan mereka bebas Covid-19 dengan menunjukkan surat negatif PCR,” sebutnya.

Editor: dani

Shares: