News

Pemudik lebaran di Bandara Soetta masih terpantau ramai

Pemudik Lebaran yang melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, masih terpantau ramai pada H-5 perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah, sebagaimana terjadi di Terminal 1A Bandar Udara terbesar di Indonesia.
Terimakasih Pak Jokowi, akhirnya kami bisa mudik
Ratusan calon penumpang mengantre di Terminal 1A Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (ANTARA/Azmi Samsul Maarif)

POPULARITAS.COM – Pemudik Lebaran yang melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, masih terpantau ramai pada H-5 perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah, sebagaimana terjadi di Terminal 1A Bandar Udara terbesar di Indonesia.

Dari pantauan, Rabu (27/4/2022) sekitar pukul 14.00 WIB, para pemudik Lebaran terlihat memadati terminal 1A keberangkatan. Antrean panjang para calon pemudik yang menggunakan transportasi udara pun terjadi pada counter check in atau pemeriksaan tiket.

Sebelum calon penumpang berangkat, petugas Bandara setempat melakukan pemeriksaan dokumen vaksinasi COVID-19 tepat di depan pintu masuk.

Dalam pemeriksaan dokumen kesehatan tersebut bertujuan untuk memastikan para calon penumpang udara layak berangkat dan dapat terlindung dari paparan virus corona, meski kondisi saat ini mulai melandai.

Salah satu pemudik asal Surabaya, Indra (28) menuturkan, dirinya memilih mudik lebih awal karena untuk menghindari terjadinya penumpukan di Bandara.

Ia mengaku bahwa dirinya juga sudah menjalani vaksinasi booster dan siap menuju kampung halaman.

“Mau mudik ke Surabaya, sekarang lagi antre untuk pemeriksaan surat vaksin. Kebetulan saya juga sudah di vaksin dosis lengkap,” kata dia, dikutip dari laman Antara.

Berdasarkan data yang diperoleh, pada H-5 arus mudik Lebaran sebanyak 119.912 pemudik diperkirakan berangkat atau tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada hari ini. Ratusan ribu pergerakan penumpang itu terdiri dari penerbangan domestik dan internasional.

Manajer Branch Communications & Legal Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Holik Muard, mengatakan bahwa jika jumlah penumpang tersebut gabungan dari total perjalanan domestik dan internasional.

“Sesuai data per hari ini jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara ada sebanyak 65.909 orang, sedangkan jumlah penumpang yang tiba ada 54.003 orang,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk jumlah penumpang yang paling banyak tercatat yaitu memasuki terminal II Bandara Soekarno Hatta dengan total sebanyak 53.873 orang. Sedangkan, di terminal I sendiri total ada sebanyak 21.001 orang, kemudian di terminal III sebanyak 45.038 orang.

“Kalau untuk prediksi penumpang yang akan tiba di Bandara ada sekitar ada 54.003,” ujarnya.

Ia menyebutkan, dari total 119.912 pergerakan penumpang pesawat, 65.909 pergerakan penumpang yang berangkat dari Bandara Soetta.

Selain itu, jumlah 119.912 penumpang itu terbagi dalam 848 pesawat, dengan rincian 422 pesawat dengan pemberangkatan, 426 pesawat yang tiba ke Bandara.

Shares: