News

Pemko Bukittinggi apresiasi pariwisata di Kota Sabang

Pemerintah Kota Bukittinggi mengapresiasi pariwisata di Kota Sabang terutama penerapan wisata halalnya.
Rombongan pejabat Bukittinggi ketika berkunjung ke Kota Sabang, Jumat (3/6/2022). (Ist)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kota Bukittinggi mengapresiasi pariwisata di Kota Sabang terutama penerapan wisata halalnya.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Bukittinggi, Martias Wanto ketika berkunjung ke Kota Sabang bersama rombongan, Jumat (3/6/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka melihat langsung perkembangan Sabang yang hampir sama dengan kondisi Bukittinggi saat ini, khususnya dari sisi pariwisata.

“Banyak kesamaan antara Bukittinggi dan Sabang, seperti adat dan agama. Kami mengapresiasi Pemko Sabang yang telah berhasil menerapkan aturan-aturan lokal yang dibalut dalam syariat Islam, yang kita tau sudah sering di kunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” ujarnya.

Saat ini, Pemko Bukittinggi sedang dalam masa pemulihan membangkitkan sektor pariwisatanya yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Ia juga tertarik dengan bagaimana Pemko Sabang meningkatkan sektor pariwisata terutama dalam hal wisata halal.

“Di sini kami ingin bertukar ide dan mempelajari kiat-kiat Pemko Sabang dalam menggairahkan kembali sektor pariwisata, terutama wisata halal di Sabang setelah pandemi. Selain itu juga ingin melihat penerapan sistem ekonomi syariah di Sabang,” ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Sabang yang diwakili Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat, Andri Nourman mengatakan bahwa banyak sektor pariwisata yang sempat terpuruk kini kembali bergejolak.

Tentunya ini didukung dengan kondisi geografis Pulau Weh, yang mana memiliki potensi alam yang luar biasa dan dilengkapi dengan wisata budaya, kuliner serta sejarah yang panjang..

“Kota Sabang penuh dengan keindahan wisata alam, budaya, kuliner dan sejarah yang luar biasa, bahkan tidak ke Sabang kalau belum mencoba wisata kulinernya. Saat ini kami terus berupaya meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata dengan membangun sarana dan prasarana yang memadai, sehingga wisatawan merasa nyaman selama berada di Sabang,” katanya.

Shares: