NewsOlahraga

Pemkab Pidie minta jadwal PORA XIV digeser

Pemkab Pidie minta jadwal PORA XIV digeser
Humas Panitia Besar (PB) PORA XIV di Kabupaten Pidie, Muharramsyah

POPULARITAS.COM – Jadwal pelaksanaan Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIV tahun 2022 hanya sekira 2 bulan lagi. Namun sejumlah venue tempat berlangsungnya pertandingan cabang olahraga yang dilombakan diperkirakan tidak akan siap digunakan saat event tingkat provinsi itu dimulai.

Akibatnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie pun menyurati Pj Gubernur Aceh, Ahmad Marzuki untuk melakukan pergeseran jadwal PORA ke-14 dengan tuan rumah daerah yang dikenal dengan sebutan Negeri Pedir itu.

Hal itu disampaikan oleh Humas Panitia Besar (PB) PORA XIV di Kabupaten Pidie, Muharramsyah kepada wartawan, Senin (12/9/2022).

“Surat permintaan pergeseran PORA dari jadwal awal November 2022 ke Juni 2023 itu disampaikan langsung oleh Pj Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto kepada Pj Gubernur Aceh Ahmad Marzuki,” kata Muharramsyah.

Ia menjelaskan, sebelum Pj Bupati Pidie menyurati Pemerintah Aceh, PB PORA terlebih dahulu melakukan rapat evaluasi dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) setempat guna memperoleh laporan progres pembangunan fisik secara utuh.

Dari rapat tersebut diketahui, beberapa venue dipastikan tidak akan siap meski Dinas Perkim Pidie telah melakukan berbagai upaya secara maksimal untuk mengejar kesiapan infrastruktur PORA tersebut.

Sehingga, kata Muharramsyah, jika PORA dipaksakan untuk dilaksanakan pada November 2022, maka diyakini pelaksanakan event olahraga yang merupakan hajatan provinsi itu tidak akan maksimal sebagaimana yang diharapkan.

“Apalagi even PORA ini bukan hanya soal pertandingan dan pembangunan, tapi juga soal partisipasi, perubahan mindset, revolusi mental, peningkatan indek kebahagian, dan penguatan ekonomi masyarakat,” katanya.

Itu sebabnya, tambah Muharramsyah, dengan segala pertimbangan dan besar harapan hajatan provinsi ini dapat dilaksanakan secara maksimal, maka Pemkab Pidie sebagai tuan rumah mengajukan surat permohonan pergeseran jadwal PORA ke XIV dari November 2022 ke Juni 2023.

Di sisi lain, kata dia, Pemkab Pidie juga masih menunggu dana transfer dari Provinsi Aceh untuk kebutuhan belanja peralatan dalam menyukseskan PORA itu sendiri.

“Saya yakin kita semua tidak mau penyelenggaraan even PORA di Pidie cilet-cilet (asal-asal). Aceh Teuga-Pidie Mulia,” tambahnya.

Bahkan, berdasarkan informasi, Pemerintah Aceh dalam hal itu Pj Gubernur Achmad Marzuki dilaporkan sudah menyetujui permintaan penundaan PORA itu.

Shares: