News

Pemkab Pidie Anggarkan Rp 3,9 Miliar Untuk Insentif Nakes Tahun 2021

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (BPKKD) Pidie, Teuku Hendra Hidayat Yoga. (popularitas/dani)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Pidie, memastikan telah menyediakan anggaran untuk pembayaran insentif tenaga kesehatan (nakes) yang bergelut dalam menangani pasien COVID-19.

Total anggaran hasil refocusing yang telah tersedia untuk pembayaran insentif nakes COVID-19 di tahun 2021 itu, sebesar Rp 3,9 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (BPKKD) Pidie, Teuku Hendra Hidayat Yoga menyebutkan, meski plot angaran sudah tersedia, namun pihaknya belum bisa mencairkan dana tersebut, jika belum masuk usulan dari Dinas Kesehatan setempat, selaku leading sektor yang menangani pembayaran insentif nakes.

“Dananya sudah tersedia, karena kita (Pemkab Pidie) sudah menyiapkan anggaran insentif nakes itu. Ya seterusnya dinas mengusulkan untuk pencairan,” kata Hendra, Selasa (24/8/2021).

Baca: Insentif Nakes Tahun 2021 di Pidie Jaya Belum Ada Kejelasan

Sedangkan formulasi pembayaran dengan anggaran yang sudah disediakan tersebut mekanismenya diatur oleh dinas kesehatan setempat.

Hendra pun berharap, dana yang sudah dialokasikan tersebut agar dapat secepatnya direalisasi oleh Dinas Kesehatan dalam hal pemenuhan pembayaran insentif nakes tersebut.

Sambungnya, usai dana tersebut direalisasikan, kemudian ditemukan kekurangan, maka dapat diusulkan kembali dalam anggaran perubahan, dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah.

“Nanti kalau sudah diusulkan kembali, akan dibahas oleh TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) dulu, dengan melihat kondisi keuangan daerah,” jelasnya.

Editor: dani

Shares: