News

Pemkab Aceh Singkil Kaji Sanksi Bagi Warga yang Tak Taat Protokol Kesehatan

Kasus Baru Corona di China Naik Selama Hampir Enam Pekan
Warga menggunakan masker saat berada di pulay Cheung Chau saat akhir pekan Paskah, ditengah pandemi virus corona (COVID-19), di Hong Kong, China, Minggu (12/4/2020). REUTERS/Joyce Zhou/AWW/djo

ACEH SINGKIL (popularitas.com) – Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil berencana membuat regulasi di masa kenormalan baru, terkait sanksi bagi pengendara atau warga yang tidak menggunakan masker.

Bupati Aceh Singkil Dulmusrid megatakan, regulasi dalam kenormalan baru sedang dalam proses penyusunan mengingat nomenklatur Tim Gugus Tugas sudah berubah menjadi Komite.

Hal itu dikatakan Dulmusrid saat mengikuti apel operasi patuh seulawah 2020, di Mapolres Aceh Singkil.

Terkait pelanggaran lalu lintas dan terhadap masyarakat yang tidak mentaati protokol kesehatan seperti tidak memakai masker, Pemda kata Dulmusrid masih mengkaji akan seperti apa sanksinya.

“Apakah didenda Rp 250 ribu atau apa, nanti masih akan kita kaji,” ungkap Dulmusrid, Kamis, 23 Juli 2020.

Sementara itu, menindaklanjuti peningkatan pelanggaran lalu lintas yang terjadi dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, mulai Kamis kemarin Polres Aceh Singkil menggelar operasi Patuh Seulawah tahun 2020.

Operasi Patuh Seulawah ini dilaksanakan terhitung mulai dari hari ini tanggal 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

Kapolres Aceh Singkil AKBP Mike Hardy Wirapraja mengatakan, operasi dilakukan untuk meningkatkan pendisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, seperti mencanangkan pelopor keselamatan.

Data kepolisian Aceh terjadi peningkatan pelanggaran lalu lintas. Pada tahun 2018 terdapat 46 kejadian kecelakaan lalu lintas. Meningkat pada tahun 2019 menjadi 72 kejadian.

Sementara pelanggaran di tahun 2018 mencapai 9571, meningkat di tahun 2019 menjadi 13.153 pelanggaran.

Selain penegakan hukum, kata dia, operasi patuh juga dirangkai dengan sosialisasi pencegahan penularan Covid-19 serta sosialisasi kebiasaan adaptasi baru.

Polres Aceh Singkil akan mengerahkan 154 personel untuk Operasi Patuh Seulawah 2020 yang disebar dibeberapa titik diantaranya tempat berkumpulnya masyarakat dan tempat keramaian berlalu lintas. (dani)

Shares: