News

Pemerintah Terima 10 Usulan Calon Pahlawan Nasional pada 2021

POPULARITAS.COM – Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial RI menerima 10 usulan calon pahlawan nasional dari berbagai provinsi di Tanah Air. Salah satu daerah yang mengusulkan adalah Provinsi Aceh.

Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial Kementerian Sosial RI, Joko Irianto mengatakan, pada 2020 lalu, pihaknya menerima 20 usulan calon pahlawan nasional dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Tahun 2020 kita di Kementerian Sosial mengusulkan kepada presiden sebanyak 20 calon pahlawan. Namun yang dianugerahi presiden hanya 6 orang,” ujar Joko dalam seminar Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar sebagai pahlawan nasional di Banda Aceh, Jumat (16/4/2021).

Kementerian Sosial mencatat bahwa saat ini Indonesia memiliki 191 pahlawan nasional yang tersebar di 31 provinsi. Sedangkan Aceh sendiri hanya memiliki 8 pahlawan nasional.

Joko menjelaskan, Aceh terakhir kali mengusulkan calon pahlawan nasional pada 2017 silam yakni Laksamama Malahayati. Usulan itu diterima dan dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada November 2017 lalu.

“Jadi setelah 4 tahun, Aceh baru mengusulkan lagi calon pahlawan nasional pada tahun ini,” tutur Joko.

Dalam kesempatan itu, Joko menjelaskan bahwa semua daerah mempunyai hak sama dalam mengusulkan calon pahlawan nasional. Setiap provinsi bahkan boleh mengajukan lebih dari satu calon pahlawan setiap tahun.

“Boleh diajukan setiap tahun dan boleh melebihi satu calon, asalnya memenuhi persyaratan sebagai pahlawan nasional,” ucap Joko.

Editor: dani

Shares: