News

Pemerintah Larang Mudik, Gubernur Aceh: Kita Sesuai Kearifan Lokal

Gubernur Aceh : Kurun Waktu Dua Tahun 11.500 unit rumah layak huni dibangun pemerintah
Gubernur Aceh Nova Iriansyah. (ist)

POPULARITAS.COM – Pemerintah pusat resmi melarang mudik untuk warganya pada lebaran Idul Fitri 1442 H. Terkait hal ini, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyatakan provinsi Tanah Rencong akan menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah pusat.

“Kita masalah mudik menyesuaikan dengan kebijakan pusat, itu kebijakan nasional,” kata Nova kepada wartawan di Banda Aceh, Selasa (30/3/2021).

Menurut Nova, meski Aceh mengikuti kebijakan pemerintah pusat, tetapi teknis pelaksanaannya akan mengedepankan kearifan lokal yang ada di Bumi Serambi Mekkah.

“Hanya nanti tekhnisnya di masing-masing daerah itu ada kearifan lokal, kita ikuti, tetapi pada dasarnya semua kebijakan presiden pusat tentang ini, kita ikuti penerapan teknis saja sesuai kearifan lokal,” jelas Nova.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan bahwa mudik tahun 2021 ditiadakan.

Muhajir menyebut, larangan mudik tersebut berlaku untuk seluruh ASN, TNI, Polri, BUMN, karyawan swasta maupun pekerja mandiri dan juga seluruh masyarakat Indonesia.

Keputusan tersebut diambil pemerintah mengingat tingginya angka penularan dan kematian akibat Covid-19 di Indonesia, setelah beberapa kali libur panjang.

Editor: dani

Shares: