EkonomiNews

Pemerintah Diminta Dukung Rencana Pengembangan KEK Surin

BANDA ACEH (popularitas.com) – Tim Task Force Surin Industrial Smart City (SISC) memaparkan bussines plan untuk mempercepat dan mendorong Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Surin sebagai pusat perekonomian baru di pantai barat selatan Aceh. Pemaparan ini dilakukan Tim Task Force SISC saat bertandang ke kantor PT Pembangunan Aceh (PEMA) bersama ISMI Aceh, Jumat, 6 September 2019.

Kedatangan Tim Task Force mendapat sambutan langsung dari Dirut PT PEMA, Zubir Sahim.

Ketua Tim Task Force SISC, Miswar Fuadi dalam kunjungan tersebut menyampaikan beberapa poin penting untuk mengembangkan kawasan ekonomi khusus Surin. Intinya, tim mengharapkan dukungan dari PT PEMA agar rencana pengembangan ekonomi baru tersebut terwujud.

Terkait hal ini, Zubir Sahim mengapresiasi rencana yang disampaikan SISC. Dia bahkan mendorong adanya komitmen dari kepala daerah. Pengembangan kawasan ekonomi Surin juga memerlukan interkoneksi lintas wilayah dalam mendukung konsep ekonomi yang berkesinambungan

“Bukan saling bersaing antar wilayah karena itu tidak akan memberikan dampak yang baik, akan tetapi jika saling terintegrasi pengusaha dan pemerintah, maka akan melahirkan konsep ekonomi yang baik bagi Aceh,” katanya.

Direktur PT PEMA juga mengingatkan supaya pemerintah daerah segera menyiapkan konsep kerjasama antara PT PEMA dan badan usaha daerah (BUMD). Menurutnya hal ini diperlukan untuk melahirkan interkoneksi kerjasama rencana industri antara pemerintah provinsi dan daerah.

Di kesempatan yang sama, Ketua ISMI Aceh, Nurchalis, juga memaparkan rencana kerjasama industri halal yang akan menjadi dasar dalam mendorong industri di kawasan Surin. Dalam waktu dekat, kata dia, juga sedang didorong perusahaan konsorsium antara pemerintah dan pihak swasta.

Nurchalis turut meminta keterlibatan penuh dari PT PEMA untuk mendukung usulan yang sedang dirancang bagi kebutuhan rencana kegiatan bisnis baru di wilayah Barsela. Apalagi dalam waktu dekat akan dimulai ekspor perdana CPO yang langsung dikirim ke India, sebagai target market pertama.

Nurchalis yang seorang pengusaha tersebut, juga meminta dukungan penuh dari pemerintah Aceh. Hal ini termasuk mempercepat regulasi dan dukungan kebijakan lainnya, sehingga akan memudahkan iklim investasi di Aceh.

Zubir Sahim di akhir pertemuan menyampaikan dukungan penuh dari PT PEMA atas upaya yang sedang digagas Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya tersebut. “Pihak PEMA akan ikut serta mempercepat proses yang sedang dilakukan, termasuk mendukung konsorsium untuk mendirikan PT Surin Industrial Smart City (SISC), dan dengan hubungan kerjasama ini semakin menguatkan integrasi antara pemerintah Aceh dan pemerintah daerah dalam mempercepat peningkatan ekonomi di Aceh,” katanya.* (RED)

Shares: