News

Pemerintah Data Warga Aceh yang Berada di Wamena

Foto: Kompas

BANDA ACEH (popularitas.com) – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah memerintahkan Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Aceh, Alhudri beserta tim untuk ke Jayapura, Papua.

Kedatangan Kadinsos Aceh ke Papua tersebut untuk melakukan assessment di lapangan terkait warga asal Aceh yang mengungsi dampak kerusuhan di daerah itu, sejak 23 September lalu di sejumlah titik di Papua.

“Kita akan melakukan pendataan terhadap masyarakat Aceh di Papua. Kabarnya, banyak masyarakat Aceh yang ingin pulang ke kampung halaman dikarenakan trauma dengan situasi yang terjadi di daerah tersebut,” ujarnya melalui pesan tertulis, Jumat, 4 September 2019.

Sebelumnya, ada kabar yang beredar di Grup Whatsapp terkait pengungsian warga Aceh yang terdampak Kerusahan Wamena. Adapun warga Aceh tersebut adalah Dewi asal Lhoksumawe, posisi terkini Probolinggo, Cut Eva asal Lhokpaoh, Tapaktuan, posisi terkini Jakarta Timur, Riska asal Aceh Tenggara beserta 3 anak, posisi terkini Bakorwil Malang, Jawa Timur.

Selain itu, ada juga warga Aceh yang kabarnya baru dievakuasi ke Jayapura menggunakan pesawat Hercules milik TNI AD, yakni, Jecky A, Rosmawati dan Cut Wahyuni. Ketiga warga Aceh berasal dari Langsa.

Informasi terakhir, Dinsos Aceh dan Dinsos Jawa Timur sudah berkoordinasi untuk pemulangan 4 (empat) warga Aceh yang mengungsi di Surabaya, atas nama Try Sessy, Priska Susilawati Sitohang, Natanael Gultom dan Nasya Gultom yang berasal dari Kabupaten Aceh Tenggara.

Rencananya, sesampai di Papua nanti, Dinsos Aceh bersama tim akan berkoordinasi dengan instansi terkait guna mengasesment sejumlah tempat pengungsian untuk mendapat keterangan terkait warga Aceh.

Sementara, Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal, mengatakan, sesuai arahan Plt Gubernur Aceh  Nova Irianyah maka dilakukan koordinasi terkait pemulangan warga Aceh di daerah tersebut.

Awalnya, kata Almuniza, banyak masyarakat Aceh di Jakarta mendesak BPPA untuk segera melakukan tindakan, terkait permohonan warga Aceh di papua untuk kembali ke Aceh.

“Namun, saat itu kita (BPPA) tidak punya kebijakan hingga sampai ke sana. Pun demikian, kita mengkoordinasikan dengan pihak dinas sosial dan menyampaikan hasil diskusi tersebut kepada Bapak Plt Gubernur, kemudian maka diputuskanlah Kadinsos untuk berangkat ke Papua,” jelasnya. [dra/ril]

Shares: